Salin Artikel

Sempat Terancam Tak Ikut Pileg, Partai Garuda Sulsel Akhirnya Berhasil Daftarkan Bacalegnya di Silon

Komisioner KPU Sulsel Divisi Teknis Penyelenggaraan, Asram Jaya yang dikonfirmasi, Rabu (17/5/2023) mengatakan, Partai Garuda telah berhasil mendaftarkan Bacalegnya lewat silon. 

"Sudah, kemarin Partai Garuda telah berhasil mendaftarkan Bacalegnya lewat silon. Pendaftarannya pun sudah sesuai persyaratan dan dinyatakan diterima," katanya. 

Asram Jaya menuturkan, saat ini pihak KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota sementara melakukan verifikasi bacaleg dari 18 Partai Politik yang mendaftar.

"Sekarang tahap verifikasi, nanti kita lihat hasil prosesnya," ujarnya. 

Secara terpisah, Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Teknis Penyelenggaraan, Gunawan Mashar mengatakan, saat ini mulai jalan tahapan verifikasi administrasi. Tahapan verifikasi administrasi (vermin) dilaksanakan dari tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023.

"Ada dua hal yang akan dicermati saat vermin. Pertama, keabsahan dokumen yang diajukan. Apakah sesuai dan dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang," katanya.

Lalu diperiksa juga kesesuaian e-KTP dengan dokumen lainnya. Termasuk juga batasan umur dan profesi bacaleg. 

Kemudian Surat keterangan sehat jasmani dan rohani, yang dikeluarkan puskesmas atau rumah sakit pemerintah. Selanjutnya, surat bebas penyalahgunaan narkoba, surat tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri, ijazah SMA atau sederajat yang dilegalisir, isian surat pernyataan di Silon yang disertai materai.

https://makassar.kompas.com/read/2023/05/17/235500978/sempat-terancam-tak-ikut-pileg-partai-garuda-sulsel-akhirnya-berhasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke