Salin Artikel

Edarkan Uang Palsu Rp 37,5 Juta di Mamuju, Pria Ini Ditangkap Polisi

MAMUJU, KOMPAS.com - Polisi menangkap pria berinisial DL (27) usai kedapatan mengedarkan uang palsu di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita uang palsu sebesar Rp 37,5 juta.

Kasi Humas Polresta Mamuju Ipda Herman Basir mengatakan bahwa DL ditangkap di Kecamatan Mamuju, Senin (13/5/2024). Dari hasil pemeriksaan, DL mengaku berasal dari Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar.

DL ditangkap usai penyidik Satreskrim Polresta Mamuju melakukan penyelidikan atas laporan dari warga mengenai adanya dugaan peredaran uang palsu.

"Benar dari laporan warga. Polresta Mamuju tindaklanjuti dan kemudian melakukan penanganan kasus penggunaan uang palsu," kata Herman kepada wartawan, Rabu (22/5/2024).

Herman mengatakan bahwa DL sempat memesan jasa pekerja seks komersial (PSK) di sebuah kamar kos di Mamuju. DL membayar PSK tersebut dengan uang palsu sebesar Rp 1,5 juta.

PSK tersebut baru menyadari uang yang diterimanya adalah uang palsu setelah adiknya menggunakan uang tersebut untuk belanja di mini market.

Saat itu, kasir yang menerima uang itu tahu kalau yang dibelanjakan adik korban adalah uang palsu.

"Adik korban lalu menelepon kakaknya dan memberitahukan kalau uang yang dikasih palsu," ujar Herman.

Herman mengungkapkan bahwa saat pelaku diamankan, pihaknya menyita uang palsu pecahan Rp 100.000 sebesar Rp 37,5 juta.

Selain itu, polisi juga menyita 1 bilah parang berwarna cokelat, 1 unit ponsel, serta satu buah tas berisi pakaian.

Setelah diamankan penyidik Satreskrim Polresta Mamuju, Herman menyebut, kasus uang palsu yang diedarkan pelaku kini dilimpahkan ke Ditreskrimsus Polda Sulbar.

Pelaku diduga mengedarkan uang palsu di Kabupaten Mamuju dan Polewali Mandar.

"Karena kasus ini menyangkut dua wilayah yakni Polman dan Mamuju. Penanganannya selanjutnya kita limpahkan ke penyidik Ditreskrimsus Polda Sulbar," tandas Herman.

https://makassar.kompas.com/read/2024/05/22/124535778/edarkan-uang-palsu-rp-375-juta-di-mamuju-pria-ini-ditangkap-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke