Salin Artikel

5.931 Napi di Sulsel Dapat Remisi Lebaran, 14 di Antaranya Langsung Bebas

Total ada 5.931 WBP yang mendapatkan remisi khusus (RK I) atau potongan masa tahanan selama 15 hari hingga sebulan. Selain itu, 14 WBP di antaranya mendapatkan RK II atau langsung dinyatakan bebas.

Penyerahan remisi ini digelar jajaran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Sulsel, Rabu (10/4/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan, pemberian remisi ini diharapkan dapat dijadikan semangat dan tekad bagi para WBP.

"Pemberian remisi ini merupakan wujud nyata dari sikap negara sebagai reward kepada warga binaan dan anak binaan yang senantiasa selalu berbuat baik, memperbaiki diri, dan kembali menjadi anggota masyarakat yang berguna," kata Liberti.

Liberti juga mengapresiasi seluruh penghuni Lapas maupun Rutan yang telah menciptakan suasana kondusif selama ini. Hal ini kata dia, menandakan adanya sinergitas antara petugas dan warga binaan yang berjalan dengan sangat baik.

"Warga binaan terbanyak yang memperoleh remisi berada di Lapas Kelas I Makassar dengan jumlah 779 orang warga binaan," ucapnya.

Sementara, WBP yang mendapatkan remisi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar total sebanyak 172 orang. Dua di antaranya juga langsung dinyatakan bebas.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Makassar Jayadikusumah mengatakan, dua WBP yang dinyatakan bebas itu merupakan narapidana dalam kasus tindak pidana pencurian.

Jayadikusumah juga menambahkan bahwa dalam layanan khusus hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah kali ini, seluruh warga binaan dapat dikunjungi oleh keluarga secara langsung.

"Kami berikan kesempatan bagi seluruh warga binaan untuk bisa dikunjungi oleh keluarga mereka selama dua hari berturut-turut. Untuk itu, kami berharap agar semua bisa menjaga ketertiban agar semua dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," pungkasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2024/04/10/183154978/5931-napi-di-sulsel-dapat-remisi-lebaran-14-di-antaranya-langsung-bebas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke