Salin Artikel

Cerita Polwan Bawa Anak Saat Amankan Pusat Perbelanjaan di Makassar

Polwan yang menjabat sebagai Ps Panit 1 Binmas Polsek Panakkukang ini tampak menggandeng putrinya dan berjalan berkeliling memantau situasi.

"Bekerja sambil bawa anak itu tujuannya supaya memperlihatkan kepada anak saya bahwa beginilah pekerjaan ibunya sebagai Polwan," kata wanita yang kerap disapa Marwa itu, Sabtu (6/4/2024).

Marwa mengungkapkan, sang anak memang selalu ikut saat dirinya menjalankan tugas.

Bahkan, sang putri juga kerap menemaninya untuk pengamanan aksi demontrasi.

"Sering ikut, bahkan saat pengamanan demonstrasi juga, kalau pulang sekolah. Karena tidak ada yang jaga di rumah," ucapnya.

Selama bertugas mengamankan pengunjung, sang putri juga tidak pernah mengeluh.

"Alhamdulillah dia tidak pernah rewel, kalau saya tinggalkan di rumah, takutnya sendiri. Kalau saya bawa, kan bisa sambil bisa dia belajar sosialisasi," katanya.

Marwa menjelaskan, dia ditugaskan untuk melakukan pengamanan dalam mal untuk mengantisipasi gangguan keamanan.

"Kita di sini bertugas selain melakukan pengamanan, kita juga membantu bagi pengunjung yang kehilangan barang bawaan, kadang kita juga jaga anak mereka kalau sibuk berbelanja kan rawan terpisah dari orangtuanya," tandasnya.

Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerapkan metode baru dalam pengamanan pusat perbelanjaan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Pengamanan pusat perbelanjaan yang dimaksud yakni menugaskan ratusan polisi wanita (Polwan) di setiap mal untuk mengawal kenyamanan masyarakat untuk berbelanja. 

Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, total ada 143 personel Polwan yang ditugaskan di 10 mal atau pusat perbelanjaan di Kota Makassar. 

"Mereka ini kita tempatkan di dalam mal untuk mengawal agar masyarakat merasa nyaman untuk berbelanja. Pola pengamanan mereka melakukan patroli jalan kaki," kata Andi Rian beberapa waktu lalu. 

Andi Rian juga menjelaskan, di setiap mal terdapat 10 sampai 12 personel Polwan yang berjaga. Mereka berkeliling memberikan imbauan bagi pengunjung mal agar menjaga barang bawaan. 

https://makassar.kompas.com/read/2024/04/07/094124278/cerita-polwan-bawa-anak-saat-amankan-pusat-perbelanjaan-di-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke