Salin Artikel

Arus Mudik Mulai Terlihat, 1.100 Penumpang KM Doro Londa Turun di Pelabuhan Baubau

BAUBAU, KOMPAS.com – Pada H-9 lebaran Idul Fitri, kepadatan arus mudik mulai nampak di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin (1/4/2024).

Diperkirakan dari arah Indonesia timur, sekitar 1.100 penumpang turun di pelabuhan murhum Baubau dengan menggunakan kapal pelayaran nasional Indonesia, KM Doro Londa.

“Ini sudah mulai nampak kelihatan arus mudik. Ini dari KM Doro Londa yang turun kurang lebih 1.100 penumpang yang turun, “ kata Kepala Operasi PT Pelni Cabang Baubau, Andi Ramdan, di saat ditemui di Pelabuhan Murhum, Senin (1/4/2024).

Menurutnya, penumpang yang turun saat ini mulai padat jika dibandingkan dengan hari biasanya.

Di hari biasa, jumlah penumpang baik yang datang maupun yang berangkat sekitar 500 penumpang.

“Kalau yang ini sudah mulai ada peningkatan, sudah sampai seribuan yang turun. Ini kebanyakan dari Indonesia Timur,” ujar Ramdan.

Sementara itu, penumpang KM Doro Londa yang akan berangkat dengan tujuan Makassar sekitar 400 penumpang.

Di tempat yang sama, seorang penumpang, Yuli mengatakan, dirinya memilih lebih dulu mudik karena khawatir akan kehabisan tiket kapal.

“Saya datang sama anak-anak. Saya takut nanti tidak dapat tiket jadi duluan pulang ke kampong untuk lebaran,” ucap Yuli. 

Seorang penumpang lainnya, Dian menuturkan hal yang sama. Ia mengaku sengaja mudik lebih awal agar tidak berdesak-desakan dengan pemudik lain.

"Kalau puncak mudiknya nanti sekitar minggu depan, terlalu banyak penumpang, memang saat ini banyak penumpang tapi masih enak tidak berdesak-desakan," kata Dian

https://makassar.kompas.com/read/2024/04/01/181551778/arus-mudik-mulai-terlihat-1100-penumpang-km-doro-londa-turun-di-pelabuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke