Salin Artikel

7 Kampus di Makassar Diduga Ikut Program Ferienjob di Jerman

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tujuh Perguruan Tinggi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) disebut ikut program Ferienjob berkedok magang mahasiswa di Jerman.

Ferienjob sebenarnya bukan magang, tetapi pekerjaan musiman terutama untuk mahasiswa mengisi waktu libur.

Ketujuh Perguruan Tinggi yang diduga ikut terlibat Ferienjob yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Universitas Negeri Makassar (UNM).

Serta Universitas Indonesia Timur (UIT), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Fajar (Unifa) dan Universitas Kristen Indoensia (UKI) Paulus.

Berkaitan dengan kabar tersebut, berikut penelusuran Kompas.com:

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin secara tegas membantah kampus beralmamater merah ikut terlibat.

Hal itu dikatakan usai melakukan proses pengecekan ke bidang Kerjasama Internasional dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) seperti Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB)/flagship maupun mandiri.

"Unhas tidak ada kerjasama resmi terkait program Ferienjob, baik program yang bersifat flagship maupun mandiri," kata Prof Muhammad Ruslin dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

"Ada mahasiswa yang minta kelengkapan berkas yang digunakan untuk mengurus visa sebagai dokumen keberangkatan mengikuti kegiatan Ferienjob tersebut selama satu bulan dan telah kembali ke tanah air," ungkapnya.

Prof Muhammad Ruslin menambahkan, pada tahun 2022, menurut WR I Dekan Fakultas Teknik juga mendapatkan tawaran untuk mengikuti program kegiatan pengiriman tenaga kerja dari unsur mahasiswa ke Jerman.

"Namun tidak ditindaklanjuti karena menurut Dekan Fakultas Teknik program magang mahasiswa tersebut tidak sejalan dengan pencapaian kompetensi mahasiswa," ujarnya.

Unismuh Makassar

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Unismuh Makassar Abd Rakhim Nanda juga membatah ikut terlibat dalam program ferienjob magang mahasiswa ke Jerman.

Dia mengaku, Unismuh tidak pernah mengirimkan mahasiswa dalam program kerja paruh waktu ferienjob atau magang mahasiswa ke Jerman.

Rakhim mengatakan, seluruh program magang yang dijalankan Unismuh memiliki prosedur ketat,

"Di mana setiap mahasiswa diwajibkan memiliki surat rekomendasi dari Devisi Karir Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unismuh. Tapi hingga saat ini, tidak ada satupun permintaan rekomendasi magang ke Jerman," tuturnya.

Dia juga menyatakan, Unismuh tidak pernah menjalin kerjasama dengan lembaga manapun terkait program ferienjob. Namun Lembaga Bahasa, Kerja Sama, dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh memang pernah menerima tawaran kerjasama untuk program tersebut.

"Namun setelah melalui kajian mendalam, tawaran tersebut ditolak," jelasnya.

Kendati demikian, Rakhim mengaku mendapatkan informasi bahwa ada dua mahasiswa Unismuh yang diduga mengikuti program magang tersebut.

Namun itu dilakukan secara mandiri, atas inisiatif pribadi, dan tanpa melapor ke pihak kampus.

"Mahasiswa yang bersangkutan mungkin mendapat informasi dari luar kampus, sebab Unismuh tidak pernah menyosialisasikan adanya program magang ke Jerman," bebernya.

Dia mengaku prihatin atas dugaan TPPO yang menimpa mahasiswanya dalam program ferienjob. Meskipun program tersebut diikuti secara mandiri dan tanpa sepengetahuan pihak kampus.

"Unismuh siap memberikan pendampingan hukum bagi mahasiswa yang menjadi korban jika dibutuhkan," tandasnya.

Dia menambahkan, Unismuh dalam beberapa tahun terakhir memang menggiatkan kolaborasi internasional. Namun proses kolaborasi internasional harus melalui beberapa tahapan dan verifikasi ketat.

"Setiap kerjasama internasional harus melalui LPBKUI, diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA), serta diiringi dengan monitoring dan evaluasi berkala," paparnya.

Atas insiden ini, Pimpinan Unismuh mengimbau agar mahasiswa mengikuti program magang resmi dan memiliki izin dari Kemendikbudristek.

"Hubungi LPBKUI Unismuh untuk informasi program magang yang kredibel," pungkas dia.

Unifa Makassar

Sedangkan Deputi Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unifa Makassar Muhammad Bisyri mengaku ada satu mahasiswa yang ikut dalam program Ferienjob ke Jerman.

Namun ia membantah keberangkatan satu mahasiswa tersebut masuk dalam TPPO.

Satu mahasiswa yang berangkat ke Jerman, kata Muhammad Bisyri, dianggap memenuhi kualifikasi dan mahasiswa tersebut berangkat ke Jerman tahun 2022 lalu.

"Itu diseleksi, kemudian lolos kualifikasi, kemudian kebetulan Unifa memang ada satu mahasiswanya yang lolos komunikasi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, program Ferienjob ke Jerman datang secara langsung ke Unifa. Kemudian, program tersebut disosialisasikan kepada mahasiswa.

"Kita buka kesempatan kepada mahasiswa untuk mendaftar dan lolos hanya satu orang," ucapnya.

Namun ia mengaku sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan dari Kemendikbudristek terkait program Ferienjob tersebut.

Dirinya baru mengetahui daftar perguruan tinggi ikut dalam program Ferienjob ke Jerman terindikasi TPPO dari pemberitaan media.

"Secara resmi kami belum terima ini informasi juga. Kami dapat dari media online, kalau informasi resmi belum sampai ke kita," ujar dia.

Sementara 4 kampus yakni UIN Alauddin Makassar, UNM, UIT, UKI Paulus belum memberikan tanggapannya terkait keterlibatanya dalam program Ferienjob di Jerman.

https://makassar.kompas.com/read/2024/03/29/062656878/7-kampus-di-makassar-diduga-ikut-program-ferienjob-di-jerman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke