Salin Artikel

Sungai Tanangkai Meluap, 30 Rumah dan 1 Rumah Ibadah di Luwu Utara Terendam Banjir

LUWU UTARA, KOMPAS.com – Hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Senin (25/3/2024) malam membuat sungai Tanangkai meluap dan merendam puluhan rumah di Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Babinsa Desa Buangin, Serda Marjun mengatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama membuat aliran Sungai Tanangkai meluap dan menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter di dua dusun.

“Luapan sungai Tanangkai di Dusun Pondan dan Dusun Tarue, Desa Buangin pada pukul 22.00 Wita membuat 30 unit rumah warga terendam banjir,” kata Marjun, saat dikonfirmasi Senin malam.

Menurut Marjun ketinggian banjir di permukiman yang terendam mencapai 60 sentimeter membuat warga kewalahan.

“Warga kewalahan berupaya menyingkirkan perabot rumahnya dari kepungan banjir bercampur lumpur,” ucap Marjun.

“Selain rumah warga, rumah ibadah yakni Masjid 1 unit ikut terendam dengan tinggi genangan dalam masjid mencapai 20 sentimeter,” tambah Marjun.

Lanjut Marjun, kondisi hujan deras yang terjadi sejak pukul 19.00 Wita di daerah pengunungan Desa Buangin dan sekitarnya membuat debit air sungai Tanangkai tidak mampu menahan sehingga meluap ke permukiman.

“Sampai pukul 23.32 Wita, genangan air yang menggenangi pemukiman warga sudah mulai surut termasuk rumah ibadah, sehingga sebagian warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari genangan air bercampur lumpur dan material beripa kayu,” tutur Marjun.

https://makassar.kompas.com/read/2024/03/26/083401878/sungai-tanangkai-meluap-30-rumah-dan-1-rumah-ibadah-di-luwu-utara-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke