Salin Artikel

Gempa M 4,8 Guncang Wilayah Bitung Sulawesi Utara Tengah Malam Tadi

MANADO, KOMPAS.com - Wilayah Bitung, Sulawesi Utara diguncang gempa bumi tektonik pada Selasa (26/3/2024) pukul 01.36 WITA.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter magnitudo 4,8.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,83 LU dan 125,4 BT, atau tepatnya berlokasi 71 kilometer Tenggara Ratahan, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara pada kedalaman 40 kilometer,” kata Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2024).

Tony menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Maluku.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Tondano dan Kota Manado dengan intensitas II MMI. Juga dirasakan di Kota Bitung dengan intensitas II-III MMI,” ujarnya.

Diketahui, gempa bumi dengan intensitas II MMI seperti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan intensitas II-III MMI berupa getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” sebutnya.

Hingga pukul 01.57 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di wilayah Bitung dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

https://makassar.kompas.com/read/2024/03/26/074702278/gempa-m-48-guncang-wilayah-bitung-sulawesi-utara-tengah-malam-tadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke