Salin Artikel

Harga Beras Di Wakatobi Melonjak, Rp 850 Ribu per Karung

WAKATOBI, KOMPAS.com – Harga beras premium yang dijual di pasar tradisional Wangiwangi Wakatobi mengalami kenaikan. Saat ini beras premium yang dijual di pasar seharga Rp 850.000 per karung isi 50 kilogram.

Sebelumnya, jenis beras premium Rp 700.000 untuk 50 kilogram.

“Saat ini harga beras 850 ribu untuk ukuran yang 50 Kg. Untuk hari ini. Saya tidak tahu besok, karena harga beras lagi tidak stabil,” kata seorang pedagang beras, Girsi ditemui di pasar, Rabu (28/2/2024).

Ia menambahkan harga beras jenis medium juga juga mengalami kenaikan, dari sebelumnya sekitar Rp 650.000 menjadi Rp 800.000 per karung isi 50 Kg.

“Kenaikan harga beras ini dimulai setelah selesai pemilihan umum (pemilu). Naiknya ini sekitar seratus ribu lebih, kenanya Rp 2000 per kg (kenaikannya),” ujarnya.

Para pedagang mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab naiknya harga beras saat ini.

Harga beras saat ini tentunya akan mengalami kenaikan terutama masyarakat yang tinggal di pulau-pulau di daerah Wakatobi.

Naiknya harga beras juga turut dikeluhkan seorang pemilik warung makan di Wakatobi, Lia. Dia mengatakan,  naiknya harga beras sangat berpengaruh terhadap usahanya.

“Sangat berpengaruh sekali. Kalau porsinya (nasi) kurang, pelanggan mengeluh. Kalau kita tidak kurangi porsinya, kita mau dapat dimana untungnya dengan kondisi saat ini,” ucap Lia.

Ia berharap kepada pemerintah agar segera menurunkan harga beras agar bisa memikirkan keadaan masyarakat saat ini. 

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/29/061444278/harga-beras-di-wakatobi-melonjak-rp-850-ribu-per-karung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke