Salin Artikel

Update Pencarian Korban Bencana Longsor di Luwu, Alat Berat Dikerahkan

KOMPAS.com - Tragedi bencana longsor di Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, menewaskan 4 orang. Belasan orang diduga masih tertimbun dan dalam pencarian tim Search and Rescue (SAR) gabungan.

Komandan pos Basarnas unit siaga SAR Palopo, Rifman mengatakan, proses pencarian terhadap korban yang tertimbun material longsor dilakukan tim SAR gabungan Basarnas, BPBD Luwu dan Palopo, TNI, Kepolisian, Tagana, PMI dan PSC 119 Luwu dan Palopo. 

“Saat ini sudah ada 14 korban yang berhasil ditemukan, dari 14 korban longsor, 4 orang ditemukan meninggal dunia, 5 sedang dirawat di rumah sakit dan lainnya dalam keadaan selamat,” ucap Rifman.

Firman menjelaskan, di hari pertama tim SAR gabungan menemukan belasan korban dan telah dilakukan evakuasi. 

Pencarian sempat dihentikan pada pukul 16.00 Wib karena hujan deras dan mengantispasi longsor susulan. 

Dugaan sementara masih ada belasan warga yang tertimbun longsor. Untuk data korban meninggal adalah Wanto (22) dan Miskawati (24) keduanya merupakan karyawan swasta. 

Lalu Emelia (30) seorang bidan dan Mariama (57) adalah seorang guru honorer. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani telah memastikan untuk mengirimkan alat berat untuk membantu proses evakuasi dan pencarian korban. 

"Kami perintahkan Kepala Dinas PU Kota Palopo untuk segera mendatangkan alat berat ke lokasi longsor, guna membantu pembersihan area longsor dan melakukan pencarian, juga kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo untuk membawa peralatan seperti sekop dan linggis serta peralatan lainnya untuk evakuasi korban sambil menunggu alat berat yang datang," tutur Asrul Sani.

Hal senada diungkapkan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin.  Selain bantuan alat berat, pemerintah daerah juga memastikan bantuan bagi para korban. 

Menurutnya, upaya yang harus segera dilakukan adalah soal langkah-langkah tanggap darurat, koordinasi dengan instansi terkait, serta upaya rehabilitasi, dan penanganan bencana telah dilakukan.

"Saya melalui Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana mengambil langkah-langkah koordinasi. Saya telepon langsung Pj Bupati Luwu, Pak Saleh kemudian Pj Wali Kota Palopo, sudah berada di lokasi sejak siang kemarin," katanya, dilansir dari Antara. 

(Penulis: Hendra Cipto, Amran Amir | Editor: Sari Hardiyanto, Reza Kurnia Darmawan Editor, Dita Angga Rusiana, Gloria Setyvani)

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/27/104039578/update-pencarian-korban-bencana-longsor-di-luwu-alat-berat-dikerahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke