Salin Artikel

Penemuan Sarang Buaya Gegerkan Warga Makassar, Puluhan Telur Dievakuasi

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, warga sudah berkumpul untuk menyaksikan langsung sarang yang terdapat telur-telur buaya tersebut.

Mereka juga sempat heboh lantaran seekor buaya besar berukuran sekitar 4 meter muncul di permukaan air. Lokasi sarang buaya itu sangat dekat dari permukiman warga.

"Itu itu muncul ki, ada gelembung," teriak warga di lokasi.

Salah satu warga ditemui awak media di lokasi, Lallu (50) mengungkapkan buaya tersebut sudah kerap kali muncul di sekitar anak sungai Tello tersebut.

"Mereka (buaya) muncul, kita tidak tahu pasti ukurannya karena mereka berada di bawah air, tapi mereka cukup besar dan sering terlihat di sini," kata Lallu.

Diketahui, lokasi sarang buaya itu hanya berjarak sekitar 15 meter dari permukiman warga.

Warga pun merasa takut dengan penemuan sarang buaya tersebut. Apalagi, di lokasi tersebut merupakan wilayah padat penduduk. Selain itu, sungai kerap dijadikan tempat bermain anak-anak.

"Kita pasti takut, anak-anak disini biasa memancing," bebernya.

Lallu pun berharap agar petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Makassar bisa segera mengamankan buaya tersebut.

"Semoga buaya cepat ditangkap, karena mengancam. Baru lokasi sarang buaya dekat dengan rumah warga," ucapnya.

"Sudah dua minggu muncul, pas naik air (banjir) jadi tadi lagi ternyata ada sarangnya. Banyak telurnya tadi," ungkapnya.

Nengsih pun merasa takut dengan keberadaan buaya tersebut.

"Kita pasti takut karena kan dekat sekali ini dari rumah warga. Tadi sempat muncul kembali, mungkin mau liat telurnya. Ada tiga ekor katanya buaya," bebernya.

Petugas Damkar Evakuasi 42 Telur Buaya

Sementara, Petugas Animal Rescue Damkar Makassar,Muh Rahul mengungkapkan pihaknya telah melakukan evakuasi sebanyak 42 butir telur. Selanjutnya telur tersebut bakal diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Tadi pagi dilaporkan, tadi sudah mau dievakuasi tapi terlalu banyak warga, sehingga susah di jerat," jelasnya.

Muh Rahul menjelaskan, lokasi ini memang merupakan habitat yang cocok untuk buaya membuat sarang.

"Pertama kalau mau di bilang di sini memang habitatnya, di sini memang banyak buaya. Ada tiga ekor tadi, dua di darat, tadi satu di air," bebernya.

Rahul pun mengimbau agar warga sekitar tidak mendekati sungai guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Untuk selanjutnya diimbau pada warga jangan terlalu dekat di air apalagi kalau buaya bertelur itu sangat agresif. Dia karakternya langsung tipe menyerang," tandasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/21/171942678/penemuan-sarang-buaya-gegerkan-warga-makassar-puluhan-telur-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke