Salin Artikel

Rumah Dosen di Makassar Dirampok, Harta Senilai Rp 6 Miliar Raib

Tiga pelaku yang masing-masing berinisial AR (34), RA (26), dan AD (27), berhasil membawa kabur harta benda korban hingga mencapai Rp 6 Miliyar.

Dari informasi yang didapat, aksi para pelaku ini dilakukan dengan menyasar sebuah rumah kosong milik seorang dosen berinisial KH (63) di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulsel, pada Senin (12/2/2024) lalu.

Kanit Resmob Ditreskrimum Polda Sulsel Kompol Benny Pornika mengatakan, setelah pihaknya melakukan serangkaian penyelidikan keberadaan pelaku pun terdeteksi.

Ketiga pelaku diamankan di sebuah penginapan masing-masing di wilayah Kecamatan Mariso dan Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulsel, pada Jumat (16/2/2024) dini hari tadi.

"Benar kita telah mengamankan tiga pelaku utama pencurian dengan pemberatan yang menyasar rumah kosong di Makassar," kata Benny dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Kamis siang.

Benny menjelaskan, otak perampokan rumah kosong tersebut yakni AR. Awalnya, AR berkeliling mencari rumah-rumah kosong.

Setelah berhasil masuk, pelaku pun lantas memanggil dua rekannya untuk membongkar brankas yang berada dalam kamar.

Alhasil, mereka pun berhasil membawa kabur total 21 potong emas antam, tiga potong emas batangan 100 gram, 11 gelang gelang emas dengan berat bervariasi, berlian gelang 11 potong seberat 150 gram, BPKB mobil buah, dan tiga buah kalung emas.

"Jika dirupiahkan harganya mencapai sekitar Rp 6 miliar," ujarnya.

Benny mengungkapkan, tiga pelaku juga terpaksa harus dilumpuhkan lantaran mencoba kabur saat proses pengembangan mencari barang bukti hasil kejahatan.

"Sudah diberi peringatan, namun karena tidak diindahkan akhirnya petugas melumpuhkan ketiga pelaku," bebernya.

Dalam aksi perampokan itu, AR berperan sebagai otak yang mencari rumah sasarannya. kemudian dua pelaku lain yakni RA dan AD berperan membantu AR.

"RA dan AD ini merupakan resedivis dalam kasus yang sama dan telah menjalani proses hukum di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Makassar," tandasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/16/150429078/rumah-dosen-di-makassar-dirampok-harta-senilai-rp-6-miliar-raib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke