Salin Artikel

5 Petugas KPPS di Palopo Jalani Perawatan Medis, Diduga Kelelahan

Mereka sakit usai melakukan penghitungan suara di TPS. Dugaan sementara, petugas KPPS tersebut kelelahan.

Salah seorang petugas KPPS di TPS 4 Kelurahan Sabbangparu, Kecamatan Wara Utara, Nur Aisah mengatakan, dirinya ikut sakit setelah melihat rekannya mengalami kejang saat bertugas di TPS.

“Awalnya memang sudah terasa lelah, nah saat ada teman sudah jatuh terkapar, satu teman saya juga ikut jatuh dan kejang-kejang, nah di situ saya kaget lihat teman yang kejang, sementara saya tidak bisa kaget dan perasaan saya tambah tidak enak hingga harus dirawat di rumah sakit,” ujarnya saat ditemui di rumah sakit Atmedika Palopo, Kamis (15/2/2024) malam.

Menurut Aisah, kejadian ini terjadi setelah penghitungan suara dan sisa mengisi aplikasi Sirekap.

“Karena aplikasi Sirekap yang kami tunggu cukup lama saat diunggah, membuat kami tambah lelah karena aplikasi sulit dibuka, beruntung tidak mengganggu tahapan penghitungan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Palopo Irwandi Djumadin mengatakan, sebanyak 5 orang petugas KPPS di Kota Palopo mengalami sakit dan harus menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit dalam Kota Palopo.

“Sampai saat ini yang dirawat di rumah sakit ada 5 orang, 1 di rumah sakit Madyang, 1 di rumah sakit Atmedika dan 3 di rumah sakit Palemmai,” kata dia.

Petugas KPPS diduga kelelahan

Para tenaga KPPS yang sakit dan menjalani perawatan medis tersebut imbuhnya, diduga kelelahan saat melakukan aktivitas kepemiluan.

“Mereka kelelahan karena mereka mempersiapkan dari awal mulai dari pembuatan TPS, perhitungan, dan mereka juga memiliki aktivitas lain di luar sehingga rentan mengalami kelelahan hingga sakit dan harus menjalani perawatan medis. Kondisi mereka sudah membaik dan sekitar 1 atau 2 hari sudah bisa keluar,” tutur Irwandi.

Meski sejumlah petugas KPPS sakit, namun KPU Kota Palopo mengklaim jika proses tahapan Pemilu tidak terganggu dengan adanya beberapa anggota KPPS yang sakit dan menjalani perawatan medis.

“Sampai saat ini semua proses tahapan sampai penghitungan dan rekapitulasi semua berjalan lancar dan saat ini semua kotak yang ada di TPS itu sudah ada di kecamatan dan untuk Sirekap aman dan sudah diselesaikan,” jelas Irwandi.

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/16/060200578/5-petugas-kpps-di-palopo-jalani-perawatan-medis-diduga-kelelahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke