Salin Artikel

Harga Kebutuhan Pokok Naik, BPS Sulsel Pastikan Inflasi Terkendali

MAKASSAR, KOMPAS.com - Harga kebutuhan pokok seperti beras, gula dan telur di Provinsi Sulawesi Selatan naik.

Terkait kenaikan harga kebutuhan pokok itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan inflasi tetap terkendali.

Kepala BPS Sulsel, Aryanto memastikan inflasi dan harga bahan pokok di pasaran terkendali dengan baik, meskipun ada kenaikan harga gula, beras dan telur.

"Hari ini kan Pak Gubernur memantau harga-harga untuk pengendalian inflasi. Harga terkendali," kata Aryanto kepada wartawan di Pasar Terong, Kamis (15/2/2024).

Menurut Aryanto, untuk bulan Januari, harga tomat naik cukup banyak. Namun hingga pertengahan Februari ini, harga normal tidak mengalami kenaikan.

"Justru sekarang ada kenaikan harga di telur, beras, gula. Itu ada naik sedikit. Tapi mudah-mudahan naiknya tidak terlalu besar, ya naiknya cuman sedikit sekali ya," bebernya.

Aryanto menjelaskan, pengendalian inflasi ini semua melibatkan seluruh stakeholder, baik itu pedagang, masyarakat, distributor, dan perangkat lainnya.

"Karena inflasi itu sangat dipengaruhi oleh tiga hal. Produksi, distribusi dan pola konsumsi. Kalau pola konsumsi dijaga dengan baik, InsyaAllah harganya terkendali," jelasnya.

Sementara itu, penjual Telur dan Beras di Pasar Terong, Wali Nono menjelaskan, untuk harga telur yang eceran di harga Rp 45.000, tapi hari ini Rp 48.000.

"Kalau beras ada yang kemarin itu dari harga Rp 11. 000 naik menjadi Rp 13.000 per liternya. Ini harga beras yang medium, kalau yang premium seperti ini Rp 13.000 per liter," katanya.

Wali Nono pun berharap harga-harga turun lagi, agar tidak memberatkan masyarakat terutama bagi pedagang eceran di Pasar Terong.

"Kita punya harapan itu terutama dari masyarakat, iya maunya turun supaya bisa dijangkau oleh masyarakat," harapnya.

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/15/141927878/harga-kebutuhan-pokok-naik-bps-sulsel-pastikan-inflasi-terkendali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke