Salin Artikel

Diduga Politik Uang, Warga Bone Tangkap Orang Asing yang Membawa Uang Jutaan Rupiah

Aparat kepolisian yang menerima laporan langsung mengevakuasi terduga pelaku dari amukan warga.

Sementara, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku telah melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku dan penerima uang pada Selasa (13/2/2024).

Peristiwa yang terjadi pada Senin (12/4/2024) pukul 23.25 Wita ini bermula dari kecurigaan warga atas kedatangan orang asing (bukan warga setempat) ke salah satu rumah di Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone.

Warga kemudian mendatang rumah tersebut dan mengamankan terduga pelaku yang diduga salah satu tim pemenangan calon legislatif (Caleg) DPRD Bone.

"Sangat mencurigakan karena bertamu tengah malam dan memang dia (terduga pelaku) membawa jutaan uang," kata Amri, salah seorang warga yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon pada Selasa (13/2/2024).

Petugas langsung mengevakuasi terduga pelaku

Aparat kepolisian yang menerima informasi langsung mengevakuasi terduga pelaku dari kepungan warga lantaran khawatir terjadi aksi anarkis.

"Benar, semalam (Senin malam) tertangkap tangan oleh warga kemudian kami evakuasi dan sudah kami serahkan ke Bawaslu," ujar Kapolsek Lamuru AKP Muhammad Ali AR melalui sambungan telepon, Selasa (13/2/2024).

Sementara pihak Bawaslu yang dikonfirmasi mengaku telah melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku serta penerima uang senilai Rp 4.200.000.

"Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap pria tersebut, termasuk pemilik rumah yang menerima uang dan alasannya uang tersebut adalah uang pembayaran arisan komunitas dan sampai saat ini kami belum bisa memastikan apakah ini masuk pelanggaran Pemilu dalam hal ini Pasal 523 Undang Undang Nomor 7 tahun 2017. Namun pemeriksaan masih kami lakukan," kata Alwi, Ketua Bawaslu Kabupaten Bone melalui pesan singkat, Selasa (13/2/2024).

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/14/061000278/diduga-politik-uang-warga-bone-tangkap-orang-asing-yang-membawa-uang-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke