Salin Artikel

Mahfud MD Akan Mundur sebagai Menko Polhukam, Menkominfo: Itu Hak Pribadi

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ikut menanggapi keputusan Mahfud MD yang mundur sebagai Menko Polhukam.

Menurutnya, keputusan Mahfud MD mundur sebagai Menko Polhukam merupakan hak pribadi dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia periode 2008–2013 itu.

"Pak Mahfud mengundurkan diri itu hak pribadi dan kita menghormati hak pribadi tersebut," kata Budi, kepada awak media, usai menghadiri kegiatan Literasi Digital Untuk Pemilu Damai di UpperHills Convention Hall, Makassar, Sulsel, Kamis (1/2/2024).

Namun, terkait hal itu, Budi meminta untuk tidak disanggkutpautkan dengan persoalan politik.

"Enggak usah dibawa-bawa politik, enggak usah," tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Mahfud MD berencana mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Mahfud mengatakan sudah menemui Menteri Sekretariat Negara (Mensetneg) Praktikno untuk menjadwalkan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menilai, sebagai menteri yang diangkat oleh Jokowi, dia harus memberi tahu terkait langkah politik yang diambil.

Hal ini untuk menjaga integritas dan etika seorang menteri kepada presiden sebagai kepala negara.

Seperti diketahui, Mahfud merupakan calon wakil presiden yang berpasangan dengan calon presiden Ganjar Pranowo.

"Dulu saya diangkat dengan penuh penghormatan, dan sekarang juga harus memberitahu dengan hormat tentang langkah langkah politik saya. Itu segi etikanya ya," kata Mahfud, saat ditemui di Cirebon, Selasa (30/1/2024).

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/01/154959378/mahfud-md-akan-mundur-sebagai-menko-polhukam-menkominfo-itu-hak-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke