Salin Artikel

Beredar Isu Keretakan Kabinet Jokowi, Menkominfo: Kalau Saya Nyaman-nyaman Aja

Budi mengaku, dirinya sampai saat ini masih merasa nyaman berada di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau saya nyaman-nyaman aja," kata Budi kepada awak media usai menghadiri kegiatan Literasi Digital Untuk Pemilu Damai di UpperHills Convention Hall, Makassar, Sulsel, Kamis (1/2/2024).

Menurut dia, jika ada menteri yang tak merasa nyaman dan ingin mundur maka hak prerogatif presiden untuk menyetujuinya atau tidak. 

"Pemerintahan ini, kabinet ini kan lahir dari sebuah proses politik. Dan kabinet itu kan merupakan hak prerogatif presiden. Kalau yang enggak nyaman, jangan tanyain ke saya, tanya ke merasa yang enggak nyaman," tuturnya.

Sebelumnya, cerita soal suasana ratas yang tidak nyaman diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto. Ia mengatakan hal tersebut berdasarkan penjelasan Mensos Tri Rismaharini.

Menurut Hasto, Risma mengaku suasana di kabinet Jokowi sudah tidak nyaman.

"Bahkan Ibu Risma menceritakan sekarang bagaimana suasana rapat kabinet. Bahkan ketika mau rapat, itu diperiksa, ada unsur-unsur ketidaknyamanan," kata Hasto menjawab pertanyaan awak media di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Hasto pun menyinggung soal langkah Presiden Jokowi yang akhir-akhir ini gencar membagikan bansos tanpa melibatkan Risma.

Di sisi lain, Jokowi terkesan mendukung putranya, Gibran Rakabuming Raka, yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

"Ini penyalahgunaan politik bansos yang sangat serius, justru ini mencederai rakyat. Dan ini tidak sesuai dengan tata pemerintahan negara yang baik," kata Hasto.

Atas curhatan Risma, Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud ini mengkhawatirkan soliditas menteri-menteri kabinet Jokowi tak lagi seperti dulu.

"Jadi, ada kekhawatiran tidak percaya lagi kepada sesama menteri, sehingga mau rapat saja diperiksanya, waduh sudah berlebihan," ujar dia.

https://makassar.kompas.com/read/2024/02/01/150709978/beredar-isu-keretakan-kabinet-jokowi-menkominfo-kalau-saya-nyaman-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke