Salin Artikel

3 Wilayah di Sulsel Masuk Prioritas Penyaluran Logistik Pemilu, Mana Saja?

"Pertama adalah wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) kedua Kabupaten Kepulauan Selayar, dan ketiga Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Kecamatan Rampi dan Kecamatan Seko," kata Marzuki kepada awak media, Minggu (14/1/2023).

Dia mengatakan, ketiga wilayah tersebut memiliki akses yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkaunya.

"Kendalanya medan, pertama jauh kedua geografisnya memang agak susah untuk dijangkau," katanya lagi.

Sebagai antisipasi, pihaknya mengatakan telah mempersiapkan lebih dulu logistik KPU ke tiga wilayah itu.

"Semuanya masih ada di KPU Kab/kota, nanti kita salurkan sekitar tanggal 4 Februari baru kita distribusikan, yang lain ada tanggal 7 Februari, selain itu mungkin minus 1 hari. Sudah aman tinggal surat suara yang tidak layak yang kami nanti akan ganti," ungkapnya.

Diketahui, Kabupaten Pangkep memiliki tiga wilayah topografi yang berbeda yakni dataran rendah, dataran tinggi dan pesisir. Setidaknya terdapat 115 pulau yang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Dia mengungkapkan, pulau-pulau tersebut sebagian besar berada di kecamatan Liukang Tangaya, dan Liukang Kalmas.

Khusus di Kabupaten Pangkep, ia mengaku sudah paham betul kondisi di wilayah tersebut karena pernah menjadi Ketua KPU Pangkep.  

"Alhamdulillah, karena saya mantan Ketua KPU Pangkep sudah mengerti persoalan distribusi logistik karena di Pagkep khususnya 2 kecamatan di Pulau ada sekitar 24 ribu surat suara yang terbagi Kecamatan Liukang Tangaya dan Kalmas," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, Kecamatan Liukang Tangaya secara geografis wilayahnya terbagi dua pertama barat dan timur. 

"Bagian timur berdekatan dengan Bali sehingga dalam hal distribusi logistik kami membagi 2 jalur ada jalur ada ke barat dan ke timur.

Sama halnya di Kecamatan Kalmas di bagian timur dan utara itu perbatasan. Bagian utara berbatasan dengan Batu Licin Kalimantan Timur, bagian baratnya pulau berbatasan dekat dengan Jawa Timur.

"Tapi, Alhamdulillah selama jadi ketua KPU Pangkep cepat kami distribusikan karena kalau tidak, mungkin tidak ada pemilu di sana, kalau tidak ada pemilu di sana maka kami kena pidana karena sengaja menghilangkan hak suaranya orang," tandasnya.

Beberapa kecamatan di Luwu Utara masuk dalam daerah prioritas karena beberapa kecamatan di wilayah itu terpencil dengan akses yang sulit. Ada dua daerah yang masuk dalam kategori tersebut yaitu Kecamatan Rampi dan Kecamatan Seko.

Dua daerah ini berada di daerah pengunungan dan saling berbatasan.

Kecamatan Rampi ditempati Suku Rampi. Satu-satunya akses transportasi ke sana adalah melalui bandar udara Rampi yang melayani rute Rampi-Masamba.

Ibu kota kecamatan Rampi adalah Onondowa. Jarak dari ibu kota kabupaten Masamba ke Rampi kira-kira 86 kilometer.

Sementara Kecamatan Seko lebih ke atas lagi, berbatasan dengan Toraja Utara dan juga Pasangkayu, Sulawesi Barat.

Untuk ke sana bisa ditempuh dengan jalur darat menggunakan motor dan juga jalur udara. Jalur darat, biasanya pakai ojek yang dikenal termahal di Sulsel, bisa mencapai jutaan rupiah sekali jalan.

"Trek jalur ojek ini terkenal sangat menantang, tidak ada jalan mulus. Itu makanya, biaya ojeknya sangat selangit," kata dia.

Sedangkan Kabupaten Kepulauan Selayar yang letaknya di ujung selatan Pulau Sulawesi dan memanjang dari Utara ke Selatan. 

Daerah ini memiliki kekhususan yakni satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari gugusan beberapa pulau sehingga membentuk suatu wilayah kepulauan.

Lama perjalanan laut dari Makassar ke Selayar berkisar antara 9 jam 30 menit sampai 11 jam 30 menit. 

https://makassar.kompas.com/read/2024/01/15/074857478/3-wilayah-di-sulsel-masuk-prioritas-penyaluran-logistik-pemilu-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke