Salin Artikel

Petugas Bandara Hasanuddin yang Hendak Titipkan Barang ke Penumpang Diberi Sanksi Peringatan

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi membenarkan jika kasus itu melibatkan seorang oknum petugas bandara. 

Taochid mengaku telah memberikan sanksi peringatan terhadap oknum petugas bandara tersebut.

"Untuk itu, manajemen telah memberikan sanksi indisipliner kepada yang bersangkutan berupa surat peringatan. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Taochid kepada Kompas.com, Rabu (10/1/2023).

Kendati demikian, Taochid enggan membeberkan secara spesifik inisial dan jabatan oknum petugas bandara tersebut.

"Mohon maaf Pak, kami tidak bisa menyampaikan hal tersebut," tuturnya.

Atas insiden itu, Taochid mengucapkan terma kasih kepada Nurul Indri Wijayanti, pemilik akun TikTok @nurulindriw yang menyampaikan keluhannya terkait adanya oknum petugas bandara yang menitipkan bawaan kepada penumpang.

"Kami sangat berterima kasih atas informasi yang kami terima sehingga kami dapat memperbaiki pelayanan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kami mengimbau kepada seluruh calon penumpang untuk tidak menerima titipan bagasi apa pun dari orang lain," tandasnya.

Penumpang dicegat oknum petugas bandara

Diberitakan sebelumnya, seorang warga mengeluhkan tindakan petugas Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan yang menitipkan bawaan kepada ayahnya. 

Keluhan itu disampaikannya lewat akun TikTok @nurulindriw. 

Nurul Indri Wijayanti, pemilik akun tersebut, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (5/1/2024). 

Kala itu, ayahnya hendak bertolak dari Makassar ke Bali untuk menghadiri acara kerabatnya yang tengah berduka. 

Ayah Nurul yang terbang tanpa membawa barang untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat tiba-tiba dicegat petugas bandara. Petugas itu disebutkan ingin menitipkan bawaannya.

Nurul yang melihat ayahnya dicegat langsung melancarkan protes. Petugas yang sebelumnya berniat menitipkan barang itu kemudian membatalkan niatnya setelah didatangi Nurul. 

"Kita tidak pernah tahu isi barang itu dan apa yang dititipin itu ke kita. Itu bahaya apa enggak? Siapa tahu barang yang dititipin itu barang-barang terlarang, yang enggak boleh masuk pesawat, berbahaya untuk penerbangan, yah ini jadi pelajaran sih sebenarnya," ucap Nurul dalam video yang diunggahnya. 

https://makassar.kompas.com/read/2024/01/10/171146878/petugas-bandara-hasanuddin-yang-hendak-titipkan-barang-ke-penumpang-diberi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke