Salin Artikel

1.500 Personel Gabungan Amankan Nataru di Makassar, 20 Gereja Dijaga Ketat

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada saat Nataru pihaknya telah mempersiapkan ribuan personel gabungan.

"Tahun baru atau malam tahun baru tahun 2024 rencana Polrestabes Makassar akan melibatkan personil sebanyak 1.500 TNI-Polri dan juga instansi terkait lainnya," kata Ngajib kepada wartawan saat ditemui di Mapolrestabes Makassar, Selasa (19/12/2023).

Ngajib mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan sejumlah gereja untuk pengamanan. Ada kurang lebih 20 gereja yang akan diprioritaskan untuk dijaga ketat.

"Untuk pelaksanaan operasi lilin 2023, pengamanan ada jumlah gereja sebanyak 158 gereja yang kita amankan. Dan ada gereja prioritas sebanyak 20 gereja. Ada juga unit penjinak bom (Jibom) untuk sterilisasi," ungkapnya.

Selain itu, perwira polisi berpangkat tiga bunga tersebut mengungkapkan, bahwa penjagaan juga bakal diperketat di wilayah-wilayah perbatasan Kota Makassar.

"Pos pengamanan yang ada untuk Polrestabes Makassar kita melaksanakan sistem penyekatan yaitu di daerah perbatasan-perbatasan yang meliputi dari wilayah perbatasan dengan Kota Makassar," ucapnya.

Wilayah penyekatan itu terdiri dari Jalan Barombong (batas wilayah Gowa-Makassar), Jalan Sultan Alauddin (batas wilayah Gowa-Makassar), Jalan Jipang Raya (batas wilayah Gowa-Makassar), Jalan Hertasning (batas wilayah Gowa-Makassar), Jalan Bumi Tamalanrea Permai (BTP) (batas Maros-Makassar).

"Tentunya kalau petasan kita larang untuk penggunaan petasan kemudian untuk Kembang api. Kita akan operasi kita akan lakukan operasi tindakan tegas tentunya untuk memberikan kenyamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Makassar untuk pelaksanaan Natal dan Tahun Baru," tandasnya

https://makassar.kompas.com/read/2023/12/19/203720278/1500-personel-gabungan-amankan-nataru-di-makassar-20-gereja-dijaga-ketat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke