Salin Artikel

Rugikan Warga hingga Miliaran Rupiah, Kantor Arisan "Online" Digeruduk

GOWA, KOMPAS.com - Puluhan warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terlibat kericuhan di depan salah satu kantor arisan online yang diduga merugikan warga hingga miliaran rupiah.

Kericuhan terjadi saat warga menggeruduk kantor tersebut lantaran belum mendapatkan uang arisan yang dijanjikan. 

Unjuk rasa yang digelar pada Rabu (14/12/2023) pukul 14.00 Wita di depan salah satu kantor arisan online di Kelurahan Mangngasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, oleh puluhan warga dari Aliansi Mahasiswa Perhati Rakyat (Ampera) awalnya berlangsung lancar.

Pengunjuk rasa menuntut agar owner arisan online segera mengembalikan uang arisan warga yang belum didapatkan setelah menang undian.

Tak hanya itu, pengunjuk rasa juga menilai bahwa peserta arisan online tersebut banyak yang fiktif.

"Kami menuntut agar pihak owner segera mengembalikan uang arisan peserta yang jumlahnya miliaran rupiah agar segera dicairkan hal ini lantaran banyaknya peserta yang belum menerima yang arisan meskii telah menang undian" kata Fahim, koordinator lapangan.

Sementara pihak owner arisan online mengaku bahwa keterlambatan pencairan uang arisan tersebut lantaran banyaknya peserta arisan yang menunggak bahkan belum membayar uang arisan 

"Kenapa arisan ini macet atau tidak berjalan karena banyaknya member yang tidak membayar uang arisan bahkan ada member yang menunggak sampai lima miliar dan itu saya sendiri yang talangi" kata NHP, owner arisan online kepada awak media.

Unjuk rasa ini sendiri berakhir dengan kericuhan lantaran pihak arisan online menghadirkan puluhan warga tandingan yang memicu aksi kejar kejaran antara massa pengunjuk rasa dengan massa dari pihak arisan online.

Meski demikian, kericuhan terhenti setelah puluhan aparat kepolisian yang melakukan pengamanan melerai kedua kubu.

"Kami hanya melakukan pengamanan terkait unjukrasa tentang dugaan arisan online tersebut dan jika memang ada pihak yang merasa keberatan atau yang dirugikan maka ya silahkan melapor kepihak yang berwajib" kata Kasi Humas Polres Gowa Ipda Udin Sibadu kepada Kompas.com.

https://makassar.kompas.com/read/2023/12/14/223029378/rugikan-warga-hingga-miliaran-rupiah-kantor-arisan-online-digeruduk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke