Salin Artikel

Jika Terpilih, Anies Baswedan Berjanji Bangun Stadion Berstandar FIFA di Makassar

Ini terjadi jika ia dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang merupakan cawapres pendampingnya, terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Hal itu diungkapkan Anies Baswedan usai menghadiri Silaturahmi dan Rapat Kerja Nasional (Silatnas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Hotel Four Point Jl Andi Djemma, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (5/11/2023).

"Iya (akan bangun stadion), saya pernah sampaikan waktu ke Makassar dulu, bahwa salah satu hal yang kami ingin bangun di Makassar dan di provinsi-provinsi lain di Indonesia adalah stadion olahraga berstandar FIFA,"ucapnya.

Selain kegiatan olahraga, kata Anies, stadion berstandar FIFA yang akan dibangun di Kota Daeng juga nantinya bisa juga digunakan untuk kegiatan sisoal, kegiatan budaya dan kegiatan keagamaan.

"Tapi stadion berstandar FIFA itu salah satunya adalah di Makassar karena di Makassar ini masyarakatnya membutuhkan sekali dan stadion itu mempersatukan," tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya stadion juga membuat semua yang berbeda latar belakang duduk bersama di stadion merasakan kebersamaan.

"Karena itulah kenapa penting dan kenapa dibuat dengan standar yang baik, (standar) FIFA."

"Supaya semua unsur masyarakat bisa menggunakannya termasuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa pakai, sehingga (stadion) berstandar Internasional itu kita ingin pakai (bangun di Makassar)," pungkasnya.

Diketahui, dua stadion yang ada di Makassar saat ini belum jelas pembangunannya yakni Stadion Mattoanging dan Stadion Barombong.

Stadion Mattoanging bangunannya sudah dibongkar. Tetapi hingga kini kelanjutannya belum jelas karena lahannya tengah jadi sengketa di Pengadilan Negeri Makassar.

Sementara itu Stadion Barombong terletak di Jalan Poros Barombong Kecamatan Tamalate, Makassar.

Stadion Barombong yang memiliki kapasitas 40.000 orang kala itu ditargetkan selesai pada 2018 tetapi tak sesuai harapan. 

Bahkan hingga 2023 ini, stadion terbesar di Sulsel itu belum juga dioperasikan karena persoalan aset lahan.

Sementara itu Anies saat menjabat Gubernur DKI Jakarta berhasil membangun stadion berstandar internasiol yakni Jakarta International Stadium (JIS).

https://makassar.kompas.com/read/2023/11/05/211826378/jika-terpilih-anies-baswedan-berjanji-bangun-stadion-berstandar-fifa-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke