Salin Artikel

Prabowo Sebut Kekayaan Indonesia Mengalir ke Luar Negeri Sejak Zaman Penjajahan

Prabowo Subianto yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Mentan) menjadi pembicara kedua setelah Ganjar Pranowo, untuk menyampaikan visi dan misinya. Prabowo dengan kemeja putih tiba di lokasi acara sekitar pukul 15:00 Wita.

Pada kesempatan itu, Prabowo membahas soal kekayaan alam Indonesia yang dikuras lalu dibawa ke luar negeri oleh orang asing. Menurutnya hal ini sudah terjadi sejak zaman penjajahan. 

Bahkan setelah merdeka, rakyat tidak seutuhnya menikmati kekayaan alam Indonesia. 

"Dulu akibat penjajahan. Tapi setelah kita ini seolah-olah merdeka secara fisik, kita punya Republik, kita punya MPR dan DPR, kita lagi punya partai politik, katanya kita juga punya demokrasi, tapi fenomena ini tidak berhenti, mengalir keluarnya kekayaan nasional," tegasnya.

Menurutnya, fenomena kekayaan Indonesia yang dibawa keluar negeri karena elit bangsa tidak mengerti sejarah sehingga tidak sadar dengan hal itu.

Prabowo pun menyatakan, dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 33 tentang sistem perekonomian bangsa Indonesia. 

"Pasal 33 sederhana, sangat eksplisit dan tidak perlu itu diterjemahkan. Perekonomian kita disusun sebagai usaha bersama dasar azas kekeluargaan. Tidak ada disitu azas kapitalisme, azas neoliberal itu tidak ada, tidak ada azas konglomerasi," tandasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/11/04/235017578/prabowo-sebut-kekayaan-indonesia-mengalir-ke-luar-negeri-sejak-zaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke