Salin Artikel

Klarifikasi Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel soal Salah Baca Teks Sumpah Pemuda: Terlalu Semangat

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel) Najmuddin memberikan klarifikasi terkait dirinya yang salah membaca teks sumpah pemuda di acara jalan sehat yang dihelat di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Minggu (29/10/2023) pagi.

Najmuddin mengaku terlalu semangat sehingga sampai keliru membaca teks sumpah pemuda pada poin ketiga. Teks yang tertulis "Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia", dibaca "Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, 'Bangsa' Indonesia".

"Terlalu semangat tadi," kata Najmuddin singkat kepada Kompas.com via pesan singkat, Minggu siang.

Acara jalan sehat itu digelar oleh DPD Gerindra Sulsel dan dihadiri ribuan peserta. Acara berjalan lancar meski ada insiden salah sebut acara jalan sehat dan salah dalam membaca teks sumpah pemuda.

Karena itu, Najmuddin meminta hal itu tidak ditanggapi terlalu serius.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel Najmuddin menggelar acara jalan sehat sekaligus pembacaan sumpah pemuda di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (29/10/2023) pagi.

Pantauan Kompas.com di lokasi, ribuan peserta hadir dalam acara tersebut. Mereka mulai berdatangan sejak pukul 06.00 Wita. Acara ini juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan peserta terbanyak pembacaaan teks sumpah pemuda.

Adapun piagam penghargaan MURI yang diberikan yakni dengan nomor: 11356/R.MURI/X/2023.

Namun, acara rekor dunia diwarnai dengan salahnya pembacaan teks sumpah pemuda yang dibacakan langsung oleh Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Najmuddin.

Najmuddin yang juga merupakan calon legislatif (Caleg) anggota DPR RI Dapil Sulsel 1 tampak didampingi Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras yang berada di atas jembatan start gerak jalan santai.

https://makassar.kompas.com/read/2023/10/29/123752178/klarifikasi-wakil-ketua-dpd-gerindra-sulsel-soal-salah-baca-teks-sumpah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke