Salin Artikel

Bersihkan Sampah di Permukiman Terapung Makassar, Pandawara Group: Ini Pengalaman Baru

Aksi sosial ini Pandawara Group di Kecamatan Tallo atas undangan salah satu perusahan plastik di Makassar. Selain itu juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Makassar, petugas kebersihan serta World Cleanup Day (WCD) Sulsel dan sejumlah relawan lainnya.

Pantauan di lokasi, sebelum pandawara dan relawan melakukan aksi bersih-bersih, petugas kebersihan dibantu warga lebih dulu membersihkan sampah yang berserakan di jalanan dan halaman rumah.

Sekitar 30 menit membersihkan, kemudian Pandawara Group bersama relawan, petugas kebersihan dan warga menuju titik aksi yaitu di bawah kolong rumah warga yang dipenuhi tumpukan sampah.

Gilang, salah satu anggota Pandawara Group mengatakan, memilih Kecamatan Tallo sebagai lokasi aksi bersih-bersih sampah karena wilayah tersebut memang butuh perhatian untuk dibersihkan.

"Karena menurut beberapa laporan wilayah ini butuh perhatian khusus dan harus ditangani dengan segera mungkin," kata Gilang kepada awak media sebelum kegiatan aksi bersih-bersih. Minggu.

Dia juga mengungkapkan, aksi bersih-bersih yang dilakukan bersama empat rekannya di Kota Daeng ini adalah hal baru dan berbeda dari biasanya.

"Ini experience (pengalaman) baru bagi kita. Karena sebelumnya kita pun belum pernah melakukan clean up yang konteksnya permukiman," ujarnya.

"Biasanya kan sungai atau pantai pada umumnya," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, kunjungannya di Makassar selain melakukan aksi bersih-bersih juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. 

Menurutnya, pada dasarnya Makassar merupakan kota yang indah dan bagus. Namun, dia tak menampik bahwa Kota Makassar butuh perhatian lebih terkait sampah. 

"Maka dari itu, kami sedang berada di wilayah yang butuh perhatian khusus di Makassar untuk melakukan pembersihan," ucapnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan sehingga tidak membuang sampah sembarangan.

"Agar lebih bijak dan bisa lebih bertanggungjawab atas sampah masing-masing. Mencoba belajar memilah dan memilih sampah dari rumah," tandasnya.

Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin mengaku senang dan bangga Pandawara datang ke wilayahnya untuk melakukan aksi bersih-bersih. 

"Ini adalah semangat bersama pemerintah Kota Makassar, semangat untuk menjaga kebersihan. Tetapi Pandawara yakin dan percaya bahwa kalian adalah anak-anak muda yang luar biasa. Anak muda yang hebat," ujarnya.

Olehnya itu, kehadiran lima anak muda inspiratif asal Bandung ini kata Alamsyah sangat disambut baik Pemerintah Kota Makassar.

"Hari ini kalian tidak sendiri, hari ini seluruh masyarakat Kecamatan Tallo mendukung Pandawara. Hari ini kita dengan petugas kebersihan bersama pasukan oranye Kota Makassar turun membersihkan wilayah Kecamatan Tallo," ungkapnya.

Dia berharap aksi bersih-bersih bukan hari saat ini saja, tapi juga dilanjutkan Masyarakat Kecamatan Tallo.

"Saya yakin ini hanya edukasi yang diberikan oleh Pandawara karena Pandawara tidak akan selamanya di sini tentunya Pandawara juga berharap ada keberlanjutan dan semangat membersihkan lingkungan dan Insya Allah kita akan sama-sama mengawal keberlanjtannya dengan pasukan oranye," pungkasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/10/22/144210978/bersihkan-sampah-di-permukiman-terapung-makassar-pandawara-group-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke