Salin Artikel

Besok, Hinca Pandjaitan Dijadwalkan Jadi Saksi Ricky Ham Pagawak di PN Makassar

Hinca dijadwalkan hadir di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Jumat (13/10/2023) besok.

"Besok (Hinca) rencananya mudah-mudahan hadir. Pak Hinca sama juga bendaharanya. Kita berharap hadir dan janjinya itu hadir besok," kata JPU KPK, Fahmi Ariyoga kepada Kompas.com usai sidang di PN Tipikor Makassar, Kamis (12/10/2023).

Fahmi mengatakan, kehadiran Hinca untuk mengungkap fakta dalam kasus suap dan gratifikasi yang menjerat Mantan Memberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Sehingga dia meminta kehadiran Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat itu tidak dipolitisasi. 

"Kita tidak melihat siapa, tapi kita melihat adalah fakta apa. Jadi jangan dipolitisir kasus ini, Kami tidak melihat itu, tapi ketika ada aliran ke sana (Hinca). Yah kita buktikan aja," ucap Fahmi.

Dia memastikan kehadirna Hinca setelah Ketua Majelis Hakim PN Tipikor Makassar Jahoras Siringo Ringo menolak kehadiran online atau hybrid. Sehingga dijadwalkan hadir secara langsung atau offline.

Selain Hinca, JPU KPK juga kembali menjadwalkan Simon Pampang untuk hadir. Meski hanya hadir via online karena menderita sakit ambeien.

"Besok selain Simon Pampang yang (hadir) online karena memang kebetulan sakit, ada surat sakitnya, sakit ambeien tapi sudah parah dan ada juga prostatnya. Besok kita hadirkan terkait kepemilikan harta kekayaan, ada 5 orang di luar pak Simon besok sedikit aja untuk mengkonfirmasi ke pemilikan (harta) aja," tandas Fahmi.

https://makassar.kompas.com/read/2023/10/12/201418478/besok-hinca-pandjaitan-dijadwalkan-jadi-saksi-ricky-ham-pagawak-di-pn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke