Salin Artikel

Hari ini, Brigita Manohara Jadi Saksi Sidang Ricky Ham Pagawak

Pantauan Kompas.com di lokasi, salah satu saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah Brigita Manohara.

Brigita terlihat mengenakan baju dress warna hijau sage dan memakai sepatu putih dan membawa tas yang juga warna putih. Dia juga telah berada di ruang sidang Haripin Tumpa PN Makassar.

Penasihat hukum Ricky Ham Pagawak, Petrus Pieter mengatakan rencananya sidang hari ini akan menghadirkan sebanyak 18 orang saksi.

"Saksinya 18 orang (termasuk Brigita Purnawati Manohara)," kata Pieter kepada KOMPAS.com, Rabu.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 10 orang saksi kembali dihadirkan di ruang Haripin Tumpa PN Tipikor Makassar, pada Rabu (13/9/2023).

Salah satu saksi yang dihadirkan oleh JPU KPK, yakni Staf PNS Pemkab Mamberamo Tengah Biro Umum Perwakilan Jakarta, Slamet.

Dia membeberkan jika Ricky Ham Pagawak pernah memberikan mobil Honda Jazz untuk Brigita Manohara.

"Mobil Honda Jazz, apakah saudara pernah beli," tanya jaksa. "Iya, siap pernah," jawab Slamet.

Kemudian jaksa kembali bertanya apakah Slamet mengingat nomor polisi kendaraan tersebut. Namun ia mengaku tidak mengingatnya.

"Nomor polisi mobil Jazz masih ingat?" tanya jaksa. "Sudah lupa," timpal saksi.

Setelah itu jaksa lalu menanyakan soal harga mobil Jazz tersebut. Namun, Slamet mengaku sudah lupa berapa harga yang mobil Honda Jazz tersebut yang ia bayar setelah mendapatkan perintah dari terdakwa.

"Saya lupa berapa (harganya), kalau yang bayar saya. Iya (atas perintah dari terdakwa Ricky Ham Pagawak)," jawab Slamet.

Slamet juga mengaku setelah mobil itu dibayar ia kemudian menyerahkannya ke Brigita Purnawati Manohara.

"Mobilnya kondisi baru atau bekas?" tanya Jaksa. "Iya (kondisi) baru. Saya hanya beli saja. Saya tahu mobil itu diberikan ke ibu Brigita," jawab Slamet.

Kemudian jaksa kembali mencecar Slamet terkait profesi Brigita Purnawati Manohara.

Slamet mengatakan bahwa Brigita tidak terlalu mengenalnya. Sepengetahuannya, Brigita Purnawati Manohara adalah presenter atau pembaca acara di stasiun televisi (TV) swasta di Indonesia.

"Saya sering lihat di TV. Dia (Brigita) presenter di TvOne. Saya pernah bertemu di lobi hotel," ungkapnya.

Slamet juga mengaku tak mengetahui pasti terkait hubungan Brigita Manohara dan Ricky Ham Pagawak. Namun ia mengungkapkan mobil Honda Jazz itu diberikan pada 2013 silam. "Saya tidak tahu," ujarnya.

Pada sidang sebelumnya juga, JPU KPK dalam sidang dakwaan menyebut terdakwa membeli satu unit mobil Honda Jazz seharga Rp300 juta yang dibeli secara tunai oleh Ricky pada 2013.

Kendaraan itu kemudian diserahkan kepada Brigita Purnawati Manohara, namun mobil itu telah dijual oleh Brigita.

https://makassar.kompas.com/read/2023/10/04/093523278/hari-ini-brigita-manohara-jadi-saksi-sidang-ricky-ham-pagawak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke