Salin Artikel

Nur Utami, Selebgram Makassar Terlibat Sindikat Narkoba Fredy Pratama, Suami Bandar Besar di Sumsel

Peran NU adalah menikmati uang hasil penjualan narkoba sindikat Fredy melalui sang suami yang berinisial S.

S diketahui sebagai salah satu bandar besar atau pengendali narkoba di wilayah Sulawesi Selatan.

Selaman menjadi bandar, S bekerja sama dengan bandar lain di wilayah Sumsel yang berinisial WW. Sementara NU tak mengenal Fredy secara langsung.

Hal tersebut dijelaskan Wakil Direktur (Wadir) Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Kombes Jayadi di Jakarta pada Senin (18/9/2023).

"Enggak, NU tidak kenal sama Fredy Pratama," ucap Jayadi, Senin.

"Tetapi yang kenal adalah WW. WW berkolaborasi dengan S gitu ya. Sehingga tidak langsung kepada Fredy Pratama, tetapi melalui pengendali yang ada di wilayah Sulsel yaitu WW," ucap dia.

Jayadi mengatakan, dalam kasus ini Nur Utami hanya dijerat kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Menurutnya NU tak ikut mengonsumsi atau pun mengedarkan narkona. Namun ia ikut menikmati uang hasil kejahatan penjualan narkoba.

"Kalau NU tidak menggunakan secara langsung narkotika. Tetapi memanfaatkan aset-aset hasil dari penjualan narkotika dari S, kemudian dimanfaatkan atau diserahkan S kepada istrinya, untuk membeli ataupun berinvestasi dengan pembelian barang-barang," ucapnya.

Saat ini S, suami NU masih dalam pencarian polisi. Sementara NU ditetapkan sebagau tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait jaringan gembong narkoba Fredy Pratama.

Dalam postingan Instagramnya, NU kerap mengunggah kehidupan mewah. NU diketahui sebagai owner perusahaan pakaian, makanan hingga bisnis kecantikan.

Unggahan terakhir pada 3 September 2023, sebelum ditangkap, dia sedang beribadah di Tanah Suci.

Bareskrim Polri telah menyita aset terduga pelaku bandar narkoba, S di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Penyitaan aset dilakukan di rumah NU dan S di Tasokkoe, Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, pada Jumat (15/9/2023).

Penyidik dari Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Mabes Polri menyita mobil fortuner dan mobil Toyota Hilux serta tiga motor berbagai merek.

Penyitaan aset kendaraan milik NU dibenarkan Lurah Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Darwin.

"Iya betul, ada penyitaan aset berupa kendaraan di rumah Bapak NN alias SR pada Jumat, (15/9/2023) siang. Penyitaan aset ini dilakukan oleh pihak Mabes Polri," kata Darwin saat dikonfirmasi, Sabtu (16/9/2023).

Menurutnya, penyitaan kendaraan tersebut disaksikan langsung oleh orangtua NU.

"Ada orang tua dari NN saat penyitaan aset berupa kendaraan itu," ujarnya.

Darwin menuturkan tidak tahu pasti berapa aset yang disita dari rumah terduga bandar narkoba jaringan Fredy Pratama itu.

"Saya mendampingi. Tapi, tidak tahu detail aset yang disita. Namun, yang saya lihat itu, mobil fortuner dan hilux itu disita polisi. Kemudian ada tiga motor berbagai merek. Salah satunya motor rx king model lama," tuturnya.

Dia menuturkan, pihak Mabes Polri menyuruhnya untuk mendampingi penggeledahan dan penyitaan aset yang ada di dua rumah NN.

"Rumahnya (NN) ada dua dan itu berdekatan. Hanya dinding yang menjadi sekat. Dari Mabes Polri minta saya untuk menyaksikan atau mendampingi dimulai dari penggeledahan hingga penyitaan di dua rumah tersebut," ungkapnya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Rahel Narda Chaterine | Bagus Santosa), Tribun Timur

https://makassar.kompas.com/read/2023/09/19/191900378/nur-utami-selebgram-makassar-terlibat-sindikat-narkoba-fredy-pratama-suami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke