Salin Artikel

6 Fakta Balita Dilindas Pajero Sport di Makassar, Kronologi hingga Pengemudi Angkat Bicara

KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar video sebuah mobil Pajero Sport melindas bocah laki-laki di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam video tersebut, terlihat mobil yang dikemudikan seorang wanita melindas bocah yang sedang bermain di dalam lorong.

Pajero Sport berwarna hitam itu melindas kaki bocah hingga terjatuh, kemudian roda belakang mobil itu pun kembali melidas badan bocah tersebut.

Setelah insiden tersebut sejumlah fakta terkait balita dilindas Pajero Sport di Makasar.

1. Kronologi kejadian

Arni (32) saat mengetahui anaknya menangis karena dilindas mobil, dia panik dan membawa sang anak masuk ke dalam rumah.

Peristiwa itu menimpa sang anak yang masih berusia satu tahun tiga bulan di lorong kecil Jalan Adiyaksa Baru Lorong 7, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulsel, Senin (18/8/2023).

"Awalnya, tidak ku tahu juga kenapa bisa terinjak. Tidak kulihat karena sementara saya mandi. Itu kulihat bilang diinjak mobil karena menangis anakku. Jadi saya ke belakang mobil ambil anakku dan kubawa kembali ke rumah," jelas Arni kepada Kompas.com ditemui di Pos Laka Lantas Polrestabes Makassar, Senin (4/9/2023).

Kata Arni, sang anak yang berinisial IR itu kini masih mengalami luka pada bagian kaki. Oleh karena itu, Arni membawa kasus itu ke ranah hukum dan melapor ke polisi.

"Sampai saat ini anakku masih bengkak pahanya. Itu hari dia (terduga pelaku) bilang jangan lapor polisi nanti tanggung biaya pengobatan sampai sembuh," ucapnya.

Setelah dua pekan pasca kejadian, balita IR mengeluh sakit pada kaki dan badannya diduga efek terlindas mobil.

Ibu korban yakni Arni mengatakan, peristiwa nahas yang menimpa sang anak itu terjadi sekitar pukul 10:00 Wita pagi. Arni baru tersadar ketika mendengar suara jeritan tangis sang anak.

"Itu kulihat bilang diinjak mobil karena menangis anakku. Jadi saya ke belakang mobil ambil anakku dan kubawa kembali ke rumah," jelas Arni.

Dia menjelaskan, kondisi kaki sang anak kini mulai mengkhawatirkan lantaran sudah ada pembengkakan dan sang anak juga tak berhenti mengeluhkan sakit.

"Memang dari awal tidak apa-apa, karena barupi diinjak. Dua tiga hari begitu bengkak. Awalnya bengkak kakinya, naik ke paha, memerah. Terus kalau malam menangis terus, biasa sampai Subuh," ungkap Arni.

3. Sopir Pajero Sport janji beri uang Rp 150.000

Saat baru membuat laporan polisi, terduga pelaku mengiming-imingi korban untuk biaya perawatannya semua ditanggung hingga sembuh.

"Saya mau melapor ini karena tidak mau lagi dibiayai anakku. Saya disuruh ke rumahnya, tapi kalau ke rumahnya ini dia tidak ada," ucap Arni.

"Dia bilang, bawa saja pergi diurut, nanti saya yang kasih itu orang uang Rp 150.000. Jadi saya datang bawa ke sana anakku, tidak adaji perubahan," sambungnya.

Setelah menjanjikan pengobatan hingga sembuh, pengemudi Pajero Sport itu justru seakan-akan lepas tangan dan menghindari keluarga korban.

"Saya mau melapor ini karena tidak mau lagi dibiayai anakku. Saya disuruh ke rumahnya, tapi kalau ke rumahnya ini dia tidak ada," ucap wanita 32 tahun itu.

Tidak hanya itu, pihak keluarga korban saat mendatangi wanita pengemudi Pajero Sport itu sempat disebut hendak melakukan pemerasan.

"Orangtua korban ini datang ke ibu (AT) ini untuk meminta biaya, justru di kata-katai dengan bicara kasar, orangtua korban disebut memeras," ujar wawan, paman korban.

Wawan juga bilang, kondisi balita IR kini sangat memprihatikan, berjalan normal pun susah.

"Kondisi anak kayak cacat luka dalam cara jalannya juga tidak normal lagi, dia kayak pincang," ungkapnya.

5. Penjelasan Polrestabes Makassar

Menanggapi kasus ini, Satlantas Polrestabes Makassar telah mengamankan mobil Pajero Sport tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku.

Wanita berinisial AT tersebut juga telah bertemu dengan ibu korban dan mengaku sudah bertanggung jawab usai melindas sang bocah.

"Kalau untuk mobil sudah ditahan disini," tegas Amin kepada awak media.

Perwira polisi berpangkat dua bunga melati itu menjelaskan, untuk pengemudi sendiri tidak dilakukan penahanan lantaran balita tersebut hanya mengalami ruka ringan.

"Kalau pengemudi dilakukan penahanan, itu ada aturannya kalau korban hanya luka ringan kita tidak lakukan penahanan, tapi kita akan kita lakukan pengecekan lebih lanjut," bebernya.

Amin bilang, dari hasil pertemuan orangtua korban dan wanita pengemudi Pajero Sport itu muncul kesepakatan bahwa korban akan dibawa ke RS untuk dilakukan pemeriksaan secara mendalam terkait luka yang dialaminya.

"Sudah lengkap dibuatkan laporan polisi sudah dimediasi dan rencana akan dibawa ke RS untuk dilakukan cek medis secara lengkap," tandasnya.

Merasa sudah bertanggung jawab atas insiden balita terlindas itu, AT mengaku tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa tersebut.

Dia menyebut usai insiden itu, keluarga balita menghubungi AT dan membawa balita itu ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

Ketika diperiksa, dokter menyebut anak tersebut tidak apa-apa, sehingga bisa dibawa pulang.

AT mengaku kembali didatangi pihak keluarga balita lagi, menyampaikan kondisi balita yang mengkhawatirkan.

"Sempat juga waktu itu, bapak anak ini tanya saya tentang keadaan anaknya. Dia bilang katanya anaknya pincang tidak bisa jalan jadi saya bilang bagaimana? Saya tawarkan ke RS untuk diperiksa, mau bawa pergi urut silakan juga bawa nanti saya tanggung," tutur AT.

"Dia jawab mau diurut, jadi saya arahkan untuk bawa saja nanti selesai saya kasi biaya untuk bayar urut. Dari awal ini saya ada tanggung jawab, saya tanggung jawab sepenuhnya, saya bawa ke RS dua kali. Karena prinsip saya itu apapun yang terjadi saya tanggung jawab, tidak ada unsur kesengajaan di sini," sambungnya.

Namun atas peristiwa ini, AT juga menyampaikan permohonan maaf terhadap pihak keluarga balita dan mengaku siap bertanggung jawab penuh atas kejadian yang menimpa balita IR.

"Atas nama pribadi saya siap untuk bertanggung jawab jika nanti kedepannya ada apa-apa terhadap anak ini. Saya juga meminta maaf kepada seluruh pihak keluarga anak ini," tandasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/09/06/125139378/6-fakta-balita-dilindas-pajero-sport-di-makassar-kronologi-hingga-pengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke