Salin Artikel

Diduga Stres, Tahanan Polsek yang Coba Bakar Sel Dibawa ke RSJ Makassar

KOMPAS.com - Diduga idap gangguan jiwa, seorang tahanan berinisial RW di Kepolisian Sektor (Polsek) Gantarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, nekat membakar sel.

Tak hanya itu, RW yang merupakan tahanan kasus dugaan pemerkosaan sering melempari petugas dengan pecahan ubin di lantai.

"Pelakunya tahanan yang mengalami gangguan jiwa dan sekarang tahanan itu dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Makassar," ucap Kapolres Bulukumba, AKBP Supriyanto, dilansir dari Tribunnews.com.

Supriyanto menjelaskan, insiden itu terjadi pada Jumat (18/8/2023). Saat itu pelaku membakar benda-benda yang ada di sel.

Api sempat merembet di tembok sel, namun petugas segera memadamkanya.

Usai kejadian itu, kata Suprianto, polisi masih menyelidiki sumber api yang dipakai pelaku untuk membakar.

"Kita masih belum memahami sumber api yang digunakan oleh pelaku karena dalam pemeriksaan tidak ditemukan adanya bahan berbahaya yang dapat
memicu terjadinya kebakaran," ucapnya.

Kondisi saat ditangkap

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Bulukumba AKP Abustam mengatakan, RW merupakan tersangka kasus dugaan pemerkosaan.

Saat ditangkap, kata Abustam, RW tak menunjukkan tanda-tanda adanya gangguan jiwa. Namun dirinya sering menyebut bahwa bukan ia pelakunya.

"Pada saat diperiksa terkait kasus rudapaksa, dia dalam kondisi baik-baik saja, dan bahkan istrinya juga menyatakan bahwa suaminya tidak mengalami gangguan kejiwaan," bebernya.

Namun demikian, polisi akan melakukan tes kejiwaan terhadap RW.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi nekat RW itu sempat membuat panik dan keributan tahanan lainnya. 

"Tahanan itu mencoba membakar penjara. Tersangka membakar tripleks pengalas tempat tidur tahanan di dalam sel. Jadi sempat membuat keributan dan kepanikan," katanya.

(Penulis : Hendra Cipto | Editor : Dita Angga Rusiana)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Tahanan Bakar Sel Polsek Gantarang Bulukumba, Dikirim ke RSJ hingga Berperilaku Aneh

https://makassar.kompas.com/read/2023/08/20/154656778/diduga-stres-tahanan-polsek-yang-coba-bakar-sel-dibawa-ke-rsj-makassar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke