Salin Artikel

Prabowo Bertekad jika Diberi Mandat oleh Rakyat Bakal Teruskan Program Jokowi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto memaparkan gagasan hirilisasi dalam pengembangan sumber daya alam di Indonesia.

Ia menarik contoh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kini tengah menggodok agar sumber daya alam di Indonesia bisa dikelola sendiri.

"Presiden Jokowi bertekad untuk sumber alam kita tidak boleh dijual murah dalam bentuk bahan mentah. Beliau melaksanakan program hilirisasi. Artinya, bahan kita harus diolah di Tanah Air sendiri. Dengan bahan diolah, nilai tambah kita bisa naik puluhan kali, bahkan ada yang ratusan kali," kata Prabowo, saat memberikan gagasan di acara Rakernas Apeksi 2023, pada Kamis (13/7/2023).

Menurutnya, sumber daya alam yang dikelola dalam negeri dapat meningkatkan keuangan negara sehingga meminimalisir masalah yang terjadi di Tanah Air.

"Semua kekayaan diolah dalam negeri. Dengan demikian, kekayaan kita naik berpuluh kali lipat. Dengan penerimaan negara, dengan kekayaan negara meningkat drastis, kita bisa atasi masalah yang ada di kota dan kabupaten," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Masalah yang kalian rasakan perlu bantuan bagaimana menghadapi, guru honorer, bagaimana menghadapi pelayanan kesehatan. Bagaimana menghilangkan stunting. Menghilangkan stunting bukan dengan ceramah. Menghilangkan stunting bukan dengan wejangan. Menghilangkan stunting harus kita hidupkan posyandu atau sejenis itu. Untuk itu, kita butuh kemampuan keuangan yang kuat," beber dia.

Prabowo menilai, kinerja yang selama ini dilakukan Presiden Jokowi sudah sangatlah tepat.

Olehnya itu, Prabowo menyebut jika diberi amanah oleh rakyat menjadi presiden, program Jokowi itu bakal terus dikembangkan.

"Strategi pembangunan yang sedang dilaksanakan di bawah kepemimpinan Pak Joko Widodo sudah benar. Saya bertekad, seandainya saya menerima mandat dari rakyat, saya akan teruskan strategi yang sudah benar ini. Pembangunan bangsa bukan dilaksanakan per 5 tahun, bukan dilaksanakan per 10 tahun. Nation building adalah per generasi," ucap dia.

Harapan pengelolaan sumber daya alam dalam negeri dinilai mampu meningkatkan penghasilan negara dan membuka lowongan pekerjaan secara luas.

"Pendekatan kita integral, komprehensif. Lihat sumber masalahnya. Kita perlu meningkatkan penghasilan. Supaya gaji bisa naik. Supaya banyak lapangan kerja. Dan supaya pendidikan harus berhasil," ujar dia.

https://makassar.kompas.com/read/2023/07/13/183242178/prabowo-bertekad-jika-diberi-mandat-oleh-rakyat-bakal-teruskan-program

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke