Salin Artikel

Ditanya soal Pembangunan IKN, Anies: Kenapa Itu Selalu Ditanyakan?

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia (APEKSI), Bima Arya sempat menanyakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada bakal calon presiden (cacapres) Anis Baswedan yang diusung Partai Nasdem.

Pertanyaan itu dilontarkan Bima Arya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI APEKSI dihadiri Wali Kota Se-Indonesia yang digelar di Upperhills Convention Hall Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (13/7/2023).

Anies pun menjawab pertanyaan Bima Arya dengan singkat dan lugas di atas panggung.

"Kenapa saya ditanyain terus. Kenapa saya tidak ditanyain bagaimana dengan pangan murah, bagaimana dengan subsidi BBM, itu tidak pernah ditanyakan," jawab Anies.

"Tapi, kalau IKN, itu yang selalu ditanyakan. Sebenarnya dalam bawah sadar kita, pertanyaan sesungguhnya, cukup sampai di situ jawaban saya," kata dia.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto kemudian melontarkan pertanyaan soal Undang-Undang Kota.

"Setuju atau tidak," tanya Wali Kota Makassar yang akrab disapa Danny Pomanto ini.

"Jangankan soal UU, badannya saja kita tidak punya sekarang. Kami melihat, kita Indonesia sudah bergerak. Dari negara agraris, maritim yang kawasan terbesarnya adalah prural menjadi sebuah negara dengan kawasan urban yang lebih banyak. Sementara kita tidak punya ke khususan, baik regulasi maupun badan perkotaan. Kita membutuhkan itu, tapi hati-hati dengan membuat undang-undang," jawab Anis.

Anis mengusulkan, dia akan mengkompilasi semua persoalan. Dari permasalah-permasalah itu, kemudian disusun roadmap-nya.

"Roadmap itu membutuhkan payung undang-undang. Kalau tidak, undang-undang ini bisa banyak free rider yang masuk. Begitu muncul Undang-Undang, kita tidak bisa berbuat apa-apa," tambah dia.

https://makassar.kompas.com/read/2023/07/13/152417978/ditanya-soal-pembangunan-ikn-anies-kenapa-itu-selalu-ditanyakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke