Salin Artikel

Motif Pembunuhan Pria di Makassar dalam Tokonya, Perkara Uang Rp 700.000

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pelaku pembunuhan terhadap pria bernama Bakri Haidar (50) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) di dalam tokonya sendiri terungkap.

Pelaku merupakan rekan korban sendiri yang sejak 2013 sudah menjalin kerja sama di bidang bisnis bernama Real Hariyanto B (34).

Pelaku ditangkap dalam upaya pelariannya di wilayah perbatasan Kabupaten Takalar-Jeneponto, Sulsel, pada Jumat (7/7/2023) pagi.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan JM Hutagaol mengatakan, motif nekat pelaku menghabisi nyawa korban lantaran merasa sakit hati saat hendak meminjam uang namun tidak diberikan.

"Modusnya itu pelaku datang ke toko korban untuk meminjam duit sebesar Rp 700.000, namun korban tidak mau memberi, dan pelaku langsung mengambil pisau di dapur dan menusuk ke leher korban kemudian korban tergeletak," jelasnya.

Di situ, pelaku sakit hati lantaran sudah kenal sejak lama namun ketika meminta untuk meminjam uang tidak diberikan oleh korban.

"Korban sudah lama berteman hubungan kerja dari 2013 sehingga pelaku datang ke toko korban. Marah karena sudah lama berteman lalu tidak dikasi pinjam duit," ungkapnya.

Setelah menghabisi nyawa korban, pelaku lantas mengambil sejumlah barang berharga berupa satu unit handphone, satu unit motor, uang tunai sebesar kurang lebih Rp 1 juta, dan beberapa bungkus rokok.

Dari hasil informasi yang didapatkan polisi, pembunuhan terhadap korban dilakukan pelaku pada Selasa (4/7/2023).

Perwira polisi berpangkat dua bunga melati itu menjelaskan, saat proses penangkapan terhadap pelaku, pihaknya terpaksa melumpuhkannya lantaran mencoba melawan dan berusaha melarikan diri.

"Pelaku mengambil handphone serta motor dan beberapa rokok di toko dan uang tunai kurang lebih 1 juta. Pelaku juga sempat melakukan perlawanan sehingga kita beri tindakan tegas," ucapnya.

Sebelumnya, warga di Jalan Karunrung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dihebohkan dengan penemuan mayat pria yang sudah dalam kondisi membengkak dan mengeluarkan bau kurang sedang. Kamis (6/7/2023), petang.

https://makassar.kompas.com/read/2023/07/07/192148078/motif-pembunuhan-pria-di-makassar-dalam-tokonya-perkara-uang-rp-700000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke