Salin Artikel

Teror Anjing Gila, Puluhan Warga Gowa Sulsel Gelar Perburuan Massal

GOWA, KOMPAS.com -Teror anjing gila atau anjing yang terjangkit rabies melanda sebuah desa di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan mengakibatkan lima warga menjadi korban.

Puluhan warga menggelar perburuan massal hingga ke dalam hutan. Pasalnya, warga telah mengidentifikasi sejumlah anjing yang terjangkit rabies berdasarkan ciri dan tingkah lakunya.

Puluhan warga Dusun Suka Desa Tabbingjai, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa menggelar perburuan massal terhadap sejumlah anjing liar yang terjangkit rabies berdasarkan ciri dan tingkah laku anjing.

"Ada beberapa ekor yang kami sudah identifikasi terjangkit rabies berdasarkan ciri dan tingkah laku seperti hidup tidak normal dan berjalan lurus serta kepala mendongak keatas dengan lidah terjulur," kata Arifin (54), salah satu warga yang ikut berburu kepada Kompas.com.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, hingga saat ini telah ada 4 ekor anjing rabies yang berhasil dinetralisir dan tersisa satu ekor yang masih berkeliaran.

"Tadi malam ada 3 ekor yang berhasil dimusnahkan dan masih ada 1 ekor lagi yang berkeliaran tadi sudah sempat terlihat tapi kabur masuk hutan" kata Arifin.

Arifin mengaku, perburuan ini terpaksa dilakukan lantaran warga telah mencoba berbagai cara untuk menangkap anjing tersebut namun tidak berhasil, lantaran anjing gila bertindak tidak normal dan enggan memakan umpan.

"Anjing ini sudah tidak normal jadi meski pun diberi umpan makanan tetap tidak berhasil," kata Arifin.

Sebelumnya, lima warga setempat menjadi korban teror anjing gila. Para korban kini telah menjalani rawat jalan di rumah masing masing setelah diberikan pengobatan medis dan telah diberi vaksin anti rabies.

https://makassar.kompas.com/read/2023/07/07/123931778/teror-anjing-gila-puluhan-warga-gowa-sulsel-gelar-perburuan-massal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke