Salin Artikel

Anoa, Kerbau Kecil di Pedalaman Sulawesi

KOMPAS.com - Anoa adalah hewan endemik yang terdapat di Sulawesi. Keberadaan anoa telah dilindungi undang-undang sejak 1931.

Anoa dikenal sebagai kerbau kecil dari pedalaman Sulawesi. Selain mirip kerbau, satwa ini termasuk keluarga kerbau (Bovidae).

Bentuk tubuh Anoa kurang lebih sebesar kambing dengan warna kulit gelap, seperti kerbau. Tumbuhnya gempal dan kekar serta tanduk yang bulat pipih runcing.

Anoa memiliki panjang sekitar 175 sentimeter, tinggi 80 sentimeter, dan berat badan kurang lebih 110 kilogram.

Terdapat dua jenis anoa di Pulau Sulawesi, yaitu anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis) dan anoa pegunungan (Bubalus quoriesi).

Para ahli memperkirakan masih banyak jenis anoa di Sulawesi.

Anoa

Habitat Anoa

Anoa merupakan satwa yang kehidupannya sangat tergantung pada hutan primer. Satwa ini dapat hidup di wilayah dengan ketinggian 0-2.500 meter hingga di atas 3.000 untuk jenis anoa pegunungan.

Persebaran anoa datara rendah berada di sebagian Sulawesi bagian utara, tengah, dan tenggara. Beberapa, anoa yang terdapat di Sulawesi Tenggara punah secara lokal.

Diperkirakan, anoa telah menghuni Pulau Sulawesi sejak zaman tersier atau sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Keberadaan anoa dataran rendah tersebar cukup merata di hutan-hutan primer.

Satwa anoa memiliki penciuman yang sangat tajam dengan orang asing, sehinggga sangat sulit ditemukan di alam.

Anoa juga sangat bergantung terhadap ketersediaan air.

Daerah yang biasa didatangi anoa, seperti sungai, danau, mata air, rawa, feeding ground yang digunakan sebagai sumber minum ataupun mandi/berkubang.

Anoa juga senang berada di sekitar pohon yang tengah berbuah. Jenis-jenis buah yang disukai satwa ini, seperti beringin (Ficus sp), dongi/dengen (Dilla ochreata, D serrate, D celebica), atau moniwang (Parkia roxburghii).

Jenis pohon buah lainnya adalah pangi (Pangium edule), serta sukun hutan (Artocarpus elastic).

Anoa juga senang berada di sekitar hutan riparian (Riverine forest), hutan mangrove saat air laut surut, hutan sekitar mata air panas, dan sumber sesapan garam mineral (salt lick).

Satwa ini biasa ditemukan sebagai individu soliter atau satu hingga tiga individu dalam satu kelompok.

Kelompok tersebut umumnya satu keluarga atau satu induk dengan anaknya. Anoa hanya terdapat satu kelahiran dalam setahun.

Makanan Anoa

Anoa mencari makan pada siang dan malam hari. Pada siang hari, anoa mulai aktif pada pukul 09.00-10.00 dan pada sore hari aktif setelah pukul 16.00.

Di antara dua periode waktu tersebut, anoa lebih banyak menggunakan waktu untuk istirahat. Satwa ini biasa istirahat di bawah pohon, terutama di hutan peralihan (transitional forest) maupun hutan mangrove.

Satwa anoa tergolong herbivora ruminansia, yakni satwa liar yang memamahbiak yang makanannya terdiri dari jenis tumbuhan.

Makanan anoa seperti daun, semak dan herba, tumbuhan muda, rumput, paku-pakuan, palmae, buah jatuh di hutan, dan tumbuhan air.

Anoa membutuhkan zat-zat mineral dalam tubuhnya untuk membantu metabolisme.

Manfaat Anoa

Satwa anoa dikenal memiliki keunggulan memanfaatkan sumberdaya alam setempat, seperti adaptasi iklim dan ketahanan terhadap penyakit yang tidak dimiliki oleh satwa lainnya.

Sehingga, satwa ini memiliki stok plasma nutfah (bank genetik) yang teramat potensial di masa mendatang.

Plasma nutfah sebagai sumber daya genetik yang fungsi utamanya adalah sebagai donor gen, tetua persilangan, dan seleksi materi untuk perakitan varietas unggul.

Untuk itu, keberadaan satwa ini perlu dilestarikan. 

Penulis: Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar | Editor: Khairina

Sumber:

ppid.menlhk.go.id, dlhk.bantengprov.go.id,

surabayazoo.co.id, regional.kompas.com, repository.pertanian.go.id, dan 

journal.ipb.ac.id

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/23/162551878/anoa-kerbau-kecil-di-pedalaman-sulawesi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke