Salin Artikel

Jokowi Kurban Seekor Sapi Limosin Seberat 1 Ton Lebih di Kampung Gubernur Sulsel

Sapi kurban Jokowi akan diserahkan ke Masjid Jami Al Hikmah yang terletak tak jauh dari rumah orangtua Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulsel, Nurlina Saking yang dikonfirmasi, Rabu (21/6/2023) mengatakan, sapi yang hendak dikurbankan Jokowi diperoleh dari Kabupaten Bone juga. Di mana sebelumnya ada beberapa ekor sapi di Sulsel dan dipilih oleh Sekretariat Presiden.

"Sapinya presiden sudah ada di Bone, di Kecamatan Ponre. Kita yang menentukan lokasi di mana ditunjuk untuk pemotongan supaya memitigasi risiko adanya penyakit dalam perjalanan," katanya.

Nurlina mengaku sapi Limousin sudah diperiksa bersama dengan Balai Besar Veteriner Kementerian Pertanian. Berdasarkan hasil pemeriksaan, sapi kurban Jokowi dianggap layak dan sehat.

"Beratnya 1,0 sekian ton, jenis dominan Limousin campuran Simental seharga Rp 95 Juta. Alhamdulillah semuanya sehat," ungkapnya.

Saat ditanya terkait ketersediaan hewan kurban seperti sapi dan kambing di Sulsel, Nurlina mengaku masih kondisi aman. Meski ada virus Jembrana yang membayangi, ketersediaan hewan kurban di Sulsel masih aman.

"Ketersediaan sapi dan kambing kurban di Sulsel aman. Hewan yang hendak dikurban akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu, apakah sehat atau masing-masing daerah memberikan keterangan sehat. Karena itu adalah kewenangan kabupaten kota untuk memberikan surat keterangan kesehatan hewan atau SKKH," jelasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/21/135636478/jokowi-kurban-seekor-sapi-limosin-seberat-1-ton-lebih-di-kampung-gubernur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke