Salin Artikel

Bukan karena Ledakan HP, Mahasiswa di Makassar yang Tewas dalam Kondisi Gosong Diduga Tersetrum

Kuat dugaan, Yunus Mahendra atau Yundra sapaan akrab Mahasiswa Seni Tari dan Musik UNM itu meninggal karena tersetrum usai mandi. 

Hal itu diungkapkan oleh Umar (47) paman almarhum saat ditemui awak media di rumah duka di Jalan Inspeksi Pam Lorong 1, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Selasa (20/6/2023) malam.

"Kenapa kita duga almarhum (meninggal usai) mandi? Karena pada saat ditemukan kan kondisinya tanpa busana dan lantai dalam kondisi basah juga," ucapnya.

Umar menjelaskan bahwa colokan di dekat sofa di kamar ponakannya itu memang longgar. Sehingga besar kemungkinan terjadi korsleting listrik dan membakar sofa.

"Jadi kemungkinan, karena kabel yang dicolokkan itu longgar terus munculkan percikan api lalu dan terbakar," ucapnya.

Namun ia mengatakan, ponakannya itu tidak tewas tersetrum di dalam kamar mandi. Menurutnya, korban tersetrum saat ingin memadamkan api yang sudah membakar isi kamarnya akibat korsleting listrik.

"Jadi diperkirakan, ini almarhum keluar mau padamkan api tapi (kondisi kamar) sudah gelap karena meteran, kan turun pas kosleting (off). Mungkin saat itulah almarhum kesetrum karena kondisinya basah," tuturnya.

Namun akibat kebakaran itu, handphone ponakannya juga ikut terbakar bersama isi perabot dalam kamar Yundra. Kini handphone atau ponsel jenis iPhone 13 milik korban diamankan polisi sebagai barang bukti dan guna penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, Kapolsek Manggala Kompol Syamsuardi mengatakan penyebab tewasnya seorang mahasiswa di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) bernama Yunus Mahendra (24) di dalam kamarnya akibat sengatan listrik.

"Untuk sementara dugannya karena tersengat listrik," ucap Syamsuardi kepada KOMPAS.com, Selasa (20/6/2023).

Syamsuardi juga membantah jika warga jalan Inspeksi Pam Lorong 1, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, tewas akibat ledakan Hp.

"Bukan karena ledakan Hp. Untuk lebih jelasnya silahkan koordinasikan dengan Biddokes (Polda Sulsel)," tuturnya.

Sedangkan dari kondisi kamar korban yang dilihat KOMPAS.com, tampak korban terletang dalam kondisi hangus terbakar. Kondisi kamar juga tampak menghitam.

Selain itu, tampak barang alat elektronik yang ada di dalam kamar seperti, kipas angin juga meleleh dan hangus terbakar.

Mantan Kapolsek Bontoala itu juga meralat pernyataanya yang menyebut jika korban merupakan mahasiswa dari Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar. Syamsuardi mengatakan jika korban adalah mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM).

"Mahasiswa UNM, saya salah sebut," tandas dia.

Sementara, Dokter Forensik Biddokes Polda Sulsel RS Bhayangkara Dr Denny Mathius yang dikonfirmasi KOMPAS.com mengaku pihaknya tidak bisa memastikan penyebab pasti kematian korban sebab korban tidak diotopsi.

"Korban tidak diotopsi, hanya dilakukan pemeriksaan luar jenazah, jadi tidak bisa ditentukan (penyebab pastinya). Mungkin ranahnya penyidik itu, bersama tim labfor nanti yang jelaskan," pungkas dia.

Yunus Mahendra (24) warga jalan Inspeksi Pam Lorong 1, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ditemukan tewas dalam kamarnya, Minggu (18/6/2023).

Kapolsek Manggala Kompol Syamsuardi mengatakan, korban ditemukan tewas dalam kamarnya sekitar Pukul 13.30 Wita. Saat ditemukan kondisi korban sudah hangus terbakar diduga karena tersengat listrik.

"Kondisinya terbakar seperti kena sengatan listrik di dalam kamarnya dan kodisi (tubuhnya) sudah menghitam," ucap Syamsuardi kepada awak media di TKP.

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/21/080441978/bukan-karena-ledakan-hp-mahasiswa-di-makassar-yang-tewas-dalam-kondisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke