Salin Artikel

Viral Foto Prajurit TNI Arahkan Popor Senapan ke Plang Gereja di Papua

KOMPAS.com - Foto anggota TNI berseragam dinas mengarahkan senjatanya ke plang Gereja Kingmi Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, beredar di media sosial.

Menanggapi hal itu, Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, foto tersebut diambil pada sekitar tahun 2019.

“Foto itu diambil pada tahun 2019, saat prajurit tersebut bertugas di Mapenduma, Kabupaten Nduga," kata Herman, dikutip dari TribunPapua.com, Selasa (13/6/2023).

Herman menyampaikan, berdasarkan keterangan prajurit yang ada dalam foto itu, dia hanya ingin menunjukkan bahwa dia pernah bertugas di wilayah tersebut.

"Tidak ada maksud yang lain. Saat ini prajurit tersebut telah menerima tindakan disiplin dari kesatuannya,” ujar Herman.

Herman memastikan, tidak ada gereja di Papua yang "disentuh" oleh TNI.

"Kecuali untuk membantu memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan ibadah di gereja," ucap Herman.

Sesuai perintah Pangdam XVII/Cenderawasih, dia menyatakan, (TNI) harus melaksanakan tugas dengan mengedepankan komunikasi sosial dan pembinaan teritorial.

Herman juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang disebar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Hal itu untuk menciptakan rasa aman dan damai serta menghindari pertumpahan darah di Tanah Papua,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunPapua.com dengan judul "VIRAL: Popor Senjata Oknum TNI Diarahkan ke Plang Gereja, Ini Kata Kapendam XVII/Cenderawasih"

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/13/163214578/viral-foto-prajurit-tni-arahkan-popor-senapan-ke-plang-gereja-di-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke