Salin Artikel

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Bukan Telantar, tapi Pindah Penginapan ke Dekat Nabawi

MADINAH, KOMPAS.com - Video jemaah haji kloter 14 Embarkasi Makassar (UPG 14) yang mengaku telantar di Madinah viral di media sosial.

Kabar itu langsung dibantah Kasi Layanan Akomodasi Daker Madinah, Ali Machzumi. Ia memastikan jemaah UPG 14 tidak telantar. Mereka dipindahkan ke penginapan yang lebih strategis ke dekat Masjid Nabawi.

Potongan video yang viral, kata Ali Machzumi, adalah suasana saat proses pemindahan jemaah dari hotel asal ke hotel berikutnya.

"Sebenarnya ini masalah sudah selesai. Di awal hanya ada miskomunikasi. Pihak majmuah memindahkan jemaah ke hotel yang lebih dekat dengan Masjid Nabawi," jelas Ali Machzumi di Madinah, Jumat (9/6/2023).

"Jadi mereka dipindahkan ke hotel yang lebih dekat dengan Masjid Nabawi. Sama sekali bukan ditelantarkan. Jemaah haji asal Kabupaten Luwu Utara sekarang sudah berada di hotelnya,” sambung dia.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel, Iqbal Ismail. Dia menjelaskan bahwa potongan video yang menyebut jemaah Luwu Utara telantar itu tidak benar.

"Bukan ditelantarkan, tetapi dipindahkan ke hotel yang jauh lebih bagus dan dekat dengan Masjid Nabawi. Kemudian, teman-teman rombongannya yang lain panik dikira diusir, justru diberi hotel yang lebih dekat karena banyak lansia yang di kloter itu," sebutnya.

"Jadi pindah hotel ini dilakukan agar jemaah lebih dekat dengan Masjid Nabawi. Jarak hotel yang diberikan itu justru berjarak 50 meter saja dari masjid dan ini sangat strategis dan membantu kita, hanya yang terlihat di video itu proses perpindahannya jadi bukan telantar. Itu sama sekali tidak benar," tegasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/09/140000878/jemaah-haji-embarkasi-makassar-bukan-telantar-tapi-pindah-penginapan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke