Salin Artikel

Hamil 5 Minggu, 1 Calon Jemaah Haji Kloter 19 Asal Manokwari Batal Ke Tanah Suci

CHJ tersebut bernama Suryani Al Gazali Sampara (45), jemaah asal Kabupaten Manokwari. Ia dinyatakan hamil dengan usia kandungan 5 minggu.

Hal itu diketahui usai proses pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Selasa, (6/6/2023).

Humas Kanwil Kemenag Sulsel, Mawardi Sirajuddin mengatakan Suryani mengaku sedih, namun ia ikhlas jika dirinya batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

"Menurut pengakuan Suryani, dirinya sudah lebih 10 tahun tidak pernah haid dan sudah memasuki fase menopause. Meskipun sedih, tapi Suryani menerima dengan ikhlas," kata Mawardi Sirajuddin kepada KOMPAS.com.

Sementara, Kabid PHU Kemenag Provinsi Papua Azis mengungkapkan untuk kloter 19 ini, terdapat 60 orang jemaah lansia dan yang menggunakan kursi roda sebanyak 27 orang.

"Semua jemaah lansia tersebut diprioritaskan dan didahulukan pelayanannya saat proses boarding, mulai dari penyerahan passport, pemeriksaan di x-ray sampai kemudian dinaikkan di bus dan mobil ambulans, begitupun ketika naik di pesawat," ujarnya.

Dia juga menuturkan, jemaah tertua di kloter 19 berusia 96 tahun atas nama Sueba Patiran asal Fakfak.

"Sedangkan yang termuda bernama Imamal Mujahidin Rahanyamtel berusia 21 tahun juga berasal dari Fakfak dan Najwa Munibah dari Manokwari," bebernya.

Diketahui, dengan berangkatkannya kloter 19 maka jumlah jemaah haji asal embarkasi Makassar yang sudah diterbangkan ke tanah suci sebanyak 7.450 orang. Adapun rinciannya jemaah pria 2.821 dan jemaah wanita 4.629 orang.

https://makassar.kompas.com/read/2023/06/06/222329278/hamil-5-minggu-1-calon-jemaah-haji-kloter-19-asal-manokwari-batal-ke-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke