Salin Artikel

Dua Pria Asal Makassar Bobol Rumah di Jakarta, Modusnya Jadi Petugas PLN

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tim gabungan dari Jatanras Sat Reskrim Polrestabes Makassar dan Jatanras Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara (Jakut) mengamankan dua terduga pelaku pencurian spesialis rumah kosong.

Keduanya yakni Tenri (41) dan Muh Nur (37).

Keduanya berpura-pura menjadi petugas Perusahaan Listrik Negera (PLN) saat membobol rumah yang ditinggal pemiliknya dalam keadaan kosong di kawasan Koja, Jakarta Utara, pada 26 April 2023.

Setelah membobol rumah itu, keduanya pun berhasil membawa kabur harta benda yang bernilai sekitar Rp 800 juta. Keduanya lantas melarikan diri ke kampung halamannya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Polisi pun mengendus keberadaannya dan mengamankan keduanya di dua wilayah, yakni di Jalan Andi Tonro, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Jalan Abu Bakar Lambogo, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulsel, pada Minggu (14/5/2023) dini hari.

Dalam proses penangkapan, salah satu pelaku yakni Muh Nur sempat berjalan dramatis lantaran pihak keluarga menolak pelaku untuk dibawa polisi. Sang istri hingga anak teriak histeris sambil memeluk Muh Nur yang digelandang beberapa polisi berpakaian preman.

Namun, setelah diberi pengertian, pihak keluarga pun merelakan Muh Nur dibawa polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Modusnya menyamar sebagai petugas PLN. Jadi pelaku ini masuk ke rumah seolah-olah mengetuk pagar, menyampaikan dari PLN. Setelah tidak ada jawaban dari pemilik rumah, mereka masuk, melihat pintu terkunci dia siapkan linggis dan membobol berupaya masuk ke dalam rumah," kata Rumingga saat diwawancarai awak media di Kota Makassar, Sulsel. Minggu (14/5/2023).

Kata Rumingga, setelah berhasil masuk ke dalam rumah, kedua pelaku lantas mengambil semua barang berharga milik korban. Bahkan, surat-surat sertifikat tanah pun dibawa kabur oleh pelaku.

"Melihat ada barang yang bisa mereka angkut, mereka masuk kamar, mereka ambil barang berharga berupa perhiasan, surat tanah, dollar, dan sejumlah uang rupiah. Total kerugian Rp 800 juta. Dua pelaku ini yang diamankan di wilayah Polrestabes Makassar," ucapnya.

Kedua pelaku pun bakal dibawa oleh petugas Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/05/14/150247878/dua-pria-asal-makassar-bobol-rumah-di-jakarta-modusnya-jadi-petugas-pln

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke