Salin Artikel

10 Desa di Luwu Sulsel Terendam Banjir, Sebagian Warga Mengungsi

LUWU, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejak Senin (8/5/2023) sore membuat sejumlah sungai meluap dan merendam 10 desa di 3 kecamatan.

Ketiga kecamatan tersebut masing-masing Kecamatan Bua, Kecamatan Walenrang Utara dan Kecamatan Walenrang Timur.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu, Karyadi mengatakan 10 desa yang terendam yakni Desa Posi, Tiromanda, Tanarigella, Pabbaresseng, Barowa, Padang Kalua dan Kelurahan Sakti  di Kecamatan Bua.

Di kecamatan Walenrang Utara yakni Desa Pongko dan Desa Salutubu  dan di Kecamatan Walenrang Timur yakni Desa Lamasi Pantai.

“Ketinggian banjir bervariasi dari 80 sentimeter hingga satu meter  yang merendam ruas jalan dan permukiman warga, untuk jumlah rumah saat ini kami masih melakukan asesmen,” kata Karyadi, Selasa (09/5/2023) dini hari.

Camat Bua, Satti Latif mengatakan banjir di 6 desa dan 1 kelurahan di Bua akibat meluapnya Sungai Bua yang sebelumnya daerah hulu diguyur hujan sejak Senin (8/5/2023) sore.

“Banjir terjadi secara tiba-tiba sekitar pukul 16.30 Wita dan dengan cepat merendam permukiman warga,” ucap Satti.

Satti mengatakan, sejumlah warga yang akan melintas di jalan dievakuasi oleh tim SAR gabungan dari BPBD, Tagana, TNI dan Polri.

“Sejumlah warga dievakuasi oleh tim SAR gabungan, termasuk warga yang membawa kendaraan roda dua kami bantu dan dibawa ke tempat titik kumpul sambil menunggu surutnya air karena jalan di sudah layaknya sungai,” ujar Satti.

“Selain menghindari arus deras warga juga mengungsi mencari tempat perlindungan yang aman, karena ketinggian banjir di Desa Pabbaresseng sudah sampai 80 sentimeter dan terlihat masih mengalami kenaikan sehingga warga mengungsi,” tutur Bugedang.

https://makassar.kompas.com/read/2023/05/09/061942978/10-desa-di-luwu-sulsel-terendam-banjir-sebagian-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke