Salin Artikel

11 Mahasiswa yang Diamankan Saat Demo di Makassar Ricuh Telah Dipulangkan

Diketahui, ada 11 oknum mahasiswa yang diamankan usai demo peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ricuh, di antaranya di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

"Sudah dipulangkan. Alhamdulillah kondusif," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Belasan oknum mahasiswa ini dibubarkan paksa polisi lantaran dinilai telah mengganggu ketertiban masyarakat. Mereka pun terpaksa diamankan polisi dan dibawa ke Mapolrestabes Makassar.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Ridwan JM Hutagaol menjelaskan, mereka dipulangkan setelah dilakukan pendataan dan pemeriksaan secara mendalam hingga tidak terbukti melakukan tindak pidana.

"Ada 11 kayaknya (mahasiswa) sudah dipulangkan," jelasnya.

Ratusan mahasiswa terlibat saling serang dengan warga menggunakan batu hingga anak panah.

Dari pantauan Kompas.com, massa mahasiswa melakukan pelemparan batu hingga bom molotov ke arah warga. Warga pun membalas dengan lemparan batu hingga anak panah busur. Akibat kericuhan ini, ruas Jalan A P Pettarani mengalami lumpuh total. Beberapa kendaraan memilih putar balik menghindari kericuhan.

Satu anggota polisi yang melakukan pengamanan di lokasi bentrok juga jadi korban. Anggota polisi itu terkena batu hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

https://makassar.kompas.com/read/2023/05/03/131310078/11-mahasiswa-yang-diamankan-saat-demo-di-makassar-ricuh-telah-dipulangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke