Salin Artikel

Polres Jeneponto Diserang,Truk Dalmas Dibakar OTK, Polda Sulsel Turun Tangan

KOMPAS.com - Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), diserang sejumlah orang tak dikenal (OTK) pada Kamis (27/4/2023).

Penyerangan terjadi pada pukul 02.00 Wita dan mengakibatkan satu orang polisi luka parah. Selain itu, sejumlah ruangan di Polres Jeneponto dirusak.

Saat ini Tim Inafis dari Polda Sulsel tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Penutupan jalan sementara dilakukan di area sekitar Polres Jeneponto.

"Ini kan mau didatangkan Inafis Polda Sulsel untuk dilakukan olah TKP," ungkap Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono, Kamis (27/4/2023), dilansir dari Tribunnews.com.

Detik-detik mencekam penyerangan 

Video saat Polres Jeneponto diserang sejumlah orang tak dikenal sempat viral. Dalam video tampak sejumlah orang melempari Polres Jeneponto dengan bom molotov. 

Lalu beberapa kali terdengar suara letusan diduga tembakan dari para penyerang. Polda Sulsel saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan adanya informasi tersebut.

"Benar ada kejadian tersebut dan sementara kami dalami motif dan pelaku penyerangan," kata Kombes Komang Suartana, Kabid Humas Polda Sulsel saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Ruangan dirusak

Akibat aksi penyerangan itu, sejumlah fasilitas di beberapa ruangan rusak, termasuk ruangan Intelakam dan masjid.

"Benar, Pak. Kantor Kasi Propam, intel dan juga kaca masjid (rusak)," papar Andi, Kamis (27/4/2023).

Lalu, anggota polisi yang terluka diketahui bernama Brigadir Mus Mulyadi. Korban alami luka parah di perut.

"Di bawa ke RSUD Jeneponto lalu dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan penindakan operasi akibat luka pada bagian perut," tandasnya.

Andi menjelaskan, sebelum penyerangan, sebuah truk Satuan Pengendalian Massa (Dalmas) Polres Jeneponto dengan Dalmas berpelat nomor XIV-115-33 dicuri dan dibakar pada Selasa (25/4/2023).

Truk tersebut ditemukan di tepi sawah di Kelurahan Panaikang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto sekitar pukul 05.00 Wita.

Terkait kasus itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso minta jajaran Reskrim dan Propam untuk segera menyelidiki kasus itu.

"Masih perlu pendalaman dan penyelidikan baik dr Reskrim maupun Propam Res (polres) setempat," kata Setyo.

Penyelidikan yang dilakukan lanjut Setyo, yaitu dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada.

"Sekarang sedang mengumpulkan bukti-bukti pendukung dan mendalami kasus tersebut," ujar Setyo.

(Penulis : Kontributor Bone, Abdul Haq | Editor : Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Jalan di Depan Mapolres Jeneponto Ditutup, Tim Inafis Polda Sulsel Diterjunkan untuk Olah TKP

https://makassar.kompas.com/read/2023/04/27/132817178/polres-jeneponto-diserangtruk-dalmas-dibakar-otk-polda-sulsel-turun-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke