Salin Artikel

Menantu Wapres Rapsel Ali Dimakamkan Secara Militer di TMP Panaikang Makassar

Pantauan Kompas.com di lokasi, jenazah Rapsel Ali tiba Pukul 10.05 Wita di TMP Panaikang. Sejumlah keluarga  dari Rapsel Ali tampa hadir di lokasi pemakaman. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjadi inspektur upacara dalam prosesi pemakaman tersebut.

Tembakan salvo yang diletuskan pasukan militer mengiringi prosesi pemakaman Almarhum Rapsel Ali.

Ibunda Rapsel Ali, Basdiaty Ali tampak tak kuasa menahan air matanya saat jenazah anaknya dimasukan keliang lahad. Sang suami Muh. Ali Gandong terlihat menenangkannya.

Sementara, Wapres Ma'ruh Amin yang dijadwalkan ikut prosesi pemakaman menantunya, tidak terlihat di lokasi. Menurut Tenaga Ahli Raspel Ali, Darmawang, Wapres Ma'ruf Amin baru tiba di Makassar siang hari.

"Jam (Pukul) 14.00 jadwalnya tiba di Makassar," ucapnya.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan prosesi pemakaman dilakukan secara militer merupakan penghargaan atas dedikasi Rapsel Ali semasa hidupnya. 

"Upacara kebesaran militer ini dilaksanakan sebagi penghormatan dan penghargaan jasa-jasa dan pengorbanan beliau kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya," ucapnya dalam sambutannya usai pemakaman.

Dia juga mengatakan kepergian Rapsel Ali merupakan takdir yang harus diterima, khususnya pihak keluarga. Sebab kematian adalah sesuatu yang pasti.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman kembali meyampaikan duka cita kepada pihak keluarga Rapsel Ali. Dia mengatakan kepergian Rapsel Ali suatu kehilangan tak hanya bagi keluarga, tapi juga untuk Sulawesi Selatan.

"Dengan kepergian Almarhum berarti kita semua telah kehilangan seorang putra bangsa, salah satu putra terbaik kita dari Sulawesi Selatan yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara," ujarnya.

"Kepada keluarga Almarhum sekali lagi saya menyatakan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Almarhum yang kita cintai, Akhirnya marilah kita berdoa kepada Allah, tuhan yang maha kuasa semoga kesalahan dan kekhilafan Almarhum diampuni dan mendapt tempat yang layak disisi-Nya," tandasnya.

Sementara Paman Almarhum Rapsel Ali, Syamsu Alam yang juga perwakilan keluarga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak.

"Kami atas nama keluarga menyamapiakan banyak terima kasih atas atensi dan keikhlasan bapak ibu, dalam rangka mengantarkan Almarhum ke tempat pekuburan," ucapnya.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat agar memaafkan segala kesalahan Rapsel.

"Sebagai manusia biasa tentu tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan, oleh karena itu atas nama keluarga Almarhum Muh Rapsel Ali memohon maaf sebesar-besarnya," tuturnya.

Syamsu juga mengaku, kepergian Almarhum secara tiba-tiba membuat pihak keluarga merasa kaget. Apalagi Rapsel Ali meninggal akibat serangan jantung.

"Selanjutnya kepergian Almarhum sangat mengagetkan kami, kami sangat mencintai beliau, tapi Allah lebih mencintainya, semoga dengan kepergiannya Insya Allah mendapatkan Rahmat dan berkah disisinya," pungkasnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/04/10/115601578/menantu-wapres-rapsel-ali-dimakamkan-secara-militer-di-tmp-panaikang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke