Salin Artikel

8 Tempat Wisata di Sekitar Jalur KA Makassar-Parepare

KOMPAS.com - Jalur kereta api pertama di Sulawesi yang memiliki rute Makassar menuju Parepare ternyata memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satunya jalur KA Makassar-Parepare lintas Maros-Barru akan memudahkan akses masyarakat ke berbagai tempat wisata yang menarik.

Berbagai tempat wisata ini dapat dengan mudah diakses karena lokasinya berada tidak jauh dari stasiun di jalur yang membentang sepanjang kurang lebih 145 kilometer dari Kabupaten Maros sampai perbatasan Kabupaten Barru ini.

Seperti diketahui, perjalanan KA Makassar-Parepare akan melewati, Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma'rang, Stasiun Labakkang, Stasiun Mangilu, Stasiun Pangkajene, Stasiun Rammang-Rammang, dan Stasiun Maros.

Dilansir dari akun Instagram @dijenperkeretaapian, berikut adalah beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan jalur KA Makassar-Parepare

1. Pantai Ujung Batu, Kabupaten Barru

Pantai Ujung Batu berlokasi di Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Selain dapat menikmati pemandangan dan debur ombak, di pantai ini wisatawan juga bisa memanfaatkan berbagai spot foto yang tersedia.

Pantai Ujung Batu dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Barru.

2. Pantai Laguna, Kabupaten Barru

Pantai Laguna adalah wisata alam yang berlokasi di Pao-Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Di pantai ini, wisatawan dapat menjajal berbagai wahana seperti ayunan, perahu, banana boat atau sekadar bersantai dan bermain air.

Pantai Laguna dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Tanete Rilau

3. Telaga Biru Segeri, Kabupaten Pangkep

Telaga Biru Segeri adalah wisata alam yang berlokasi di Kelurahan Baring, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Suasana alam yang asri dengan pepohonan rindang mengelilingi telaga yang memiliki air dengan warna biru, sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota.

Telaga Biru Segeri dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Mandalle.

4. Bulu Sorongan, Kabupaten Pangkep

Bulu Sorongan adalah wisata alam yang berlokasi di Desa Parenreng, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Di bukit setinggi 731 mdpl ini wisatawan dapat menikmati hamparan perbukitan hijau, udara pegunungan yang sejuk, dan bahkan melakukan camping.

Bulu Sorongan dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Ma'rang.

5. Hutan Mangrove Dewi Biringkassi, Kabupaten Pangkep

Hutan Mangrove Dewi Biringkassi adalah wisata alam yang berlokasi di Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Selain dapat menikmati keindahan ekosistem mangrove, wisatawan juga dapat berfoto dengan pemandangan matahari terbenam dari tempat ini.

Hutan Mangrove Dewi Biringkassi dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Labakkang.

6. Taman Purbakala Sumpang Bita, Kabupaten Pangkep

Taman Purbakala Sumpang Bita adalah bagian dari Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang berada di Kampung Sumpang Bita, Kelurahan Balocci, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep.

Di lokasi ini bisa ditemukan gua dengan peninggalan arkeologis berupa lukisan dinding, artefak batu, cangkang molusca, fragmen gerabah serta fragmen tulang dan gigi.

Taman Purbakala Sumpang Bita dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Pangkajene.

7. Karst Rammang Rammang, Kabupaten Maros

Kawasan Karst Rammang Rammang merupakan salah satu ikon Sulawesi Selatan yang berlokasi di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Panorama indah gugusan pegunungan karst ini bahkan telah diakui sebagai sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Kawasan Karst Rammang Rammang dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Rammang-Rammang.

8. Pantai Tak Berombak (PTB), Kabupaten Maros

Pantai Tak Berombak (PTB) adalah kawasan wisata kuliner yang berlokasi di Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Setiap sore, kawasan ini selalu dipadati pengunjung yang ingin berburu kuliner atau sekadar nongkrong dan berfoto sambil menikmati suasana Kota Maros.

Kawasan Pantai Tak Berombak (PTB) dapat diakses dengan KA Makassar-Parepare melalui Stasiun Maros.

Sumber: Instagram @dijenperkeretaapian,  infopublik.id,  makassar.tribunnews.com, makassar.tribunnews.com, profil.digitaldesa.id, kompas.com (Penulis : Suci Wulandari Putri Chaniago, Ulfa Arieza Editor : Anggara Wikan Prasetya, Ulfa Arieza)

https://makassar.kompas.com/read/2023/04/04/220040878/8-tempat-wisata-di-sekitar-jalur-ka-makassar-parepare

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke