Salin Artikel

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Api Sulsel, Warga Maros Demo Tanahnya Dirampas

MAROS, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan kereta api pertama di Sulawesi yang dimulai di Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023). 

Hanya saja, peresmian kereta api ini diwarnai aksi demonstrasi puluhan masyarakat Tellumpoccoe, Marusu, Kabupaten Maros.

Mereka berdemonstrasi dan memasang baliho di area tanahnya yang dijadikan jalur kereta api. 

Aksi demonstrasi warga ini sudah dilakukan beberapa hari terakhir dengan tidak adanya kabar pembayaran pembebasan lahan di sekitar Stadion Mandai.

Saat warga mengetahui Presiden Jokowi datang untuk melakukan peresmian kereta api. Warga pun keluar ke jalan poros Maros yang berjarak sekitar 3 kilometer.

Mereka pun membentangkan spanduk bertuliskan "Pak Jokowi, lahan kami dirampas tanpa ganti rugi yang layak dan adil."

Pada spanduk lainnya, terpasang foto Jokowi dan bertuliskan "Tolong Kami !! Presiden Joko Widodo. Tanah kami mau diambil tanpa mau dibayarkan".

Nunung, salah satu pendemo mengatakan aksi demonya dilakukan di jalan poros Maros dengan membentangkan spanduk.

Aksi kemudian dilanjutkan di daerah dekat depo kereta api Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan. 

Namun, aksi warga ini tidak dekat dengan Depo Kereta Api tempat Jokowi berada karena diadang oleh petugas. 

"Kami demo sampai pukul 13.30 Wita, sampai Pak Jokowi sudah pergi naik kereta. Tapi kami sempat demo membentangkan spanduk," katanya. 

Sementara itu, menurut Saleh, salah satu warga, ada kurang lebih 300 lahan yang bermasalah belum terselesaikan ganti ruginya di Tellumpoccoe, Marusu, Kabupaten Maros.

“Warga yang belum dibayar ganti rugi tanah pembangunan rel kereta api. Persoalannya, harga yang berbeda-beda dari Rp 70 ribu. Itupun dari orang ke orang tidak pernah ada koordinasi dan langsung dieksekusi padahal belum dibayar," jelasnya. 

Sementara, Humas Balai Pengelola Kereta Api  (BPKA) Sulsel, Ryan Agastiaguna belum berhasil dikonfirmasi terkait masalah tersebut. Teleponnya enggan diangkat dan pesan WhatsApp tidak dibalas. 

https://makassar.kompas.com/read/2023/03/29/180956878/presiden-jokowi-resmikan-kereta-api-sulsel-warga-maros-demo-tanahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke