Salin Artikel

Kematian Dokter Paru di Nabire Diduga Janggal, Menkes: Masalah Ini Akan Dibuka secara Transparan

KOMPAS.com - Dokter Mawartih Susanti, seorang dokter spesialis paru yang bertugas di Kabupaten Nabire, Papua Tengah, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa pada Kamis (9/3/2023) malam.

Jasadnya ditemukan di tempat tinggalnya di perumahan dokter, Kelurahan Siriwini.

Keluarga mengatakan, terdapat kejanggalan dalam kematian sang dokter Mawar. Keluarga menemukan luka lebam serta patah tulang rusuk dan pergelangan tangan pada jasad dokter Mawar.

Usai melayat ke rumah duka, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa penyelidikan kasus ini akan dibuka secara transparan.

“Jaminan dari saya masalah ini akan dibuka secara transparan karena itu juga yang diminta oleh pihak keluarga,” ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/3/2023).

Ia menuturkan, Kementerian Kesehatan bersama Polri dan TNI masih menelusuri penyebab kematian dokter Mawar.

"Tentunya membutuhkan waktu supaya tidak salah analisanya, dan nanti saya akan memberikan kesempatan kepada Kepolisian Indonesia karena mereka yang menjadi pemimpin penyelidikan ini, dibantu Kemenkes," ucapnya, dikutip dari Antara.

Menkes menyampaikan bakal menggelar pertemuan dengan Kapolri dan Panglima TNI untuk membahas penanganan kasus kematian dokter Mawar.

“Saya akan berkomunikasi dengan Kapolri dan Pemerintah Daerah bagaimana layanan kesehatan tetap berjalan dengan adil dan merata. Namun, harus disertai dengan jaminan keamanan yang baik untuk dokter dan tenaga kesehatan,” ucapnya.

Dugaan soal kematian dokter Mawar yang tak wajar diungkap oleh pihak keluarga.

"Ada banyak luka lebam di dada anak saya. Tulang rusuknya dan pergelangan tangannya patah. Berdasarkan foto-foto dan bukti dari kedokteran yang diberikan kepada kami," ungkap ibu dokter Mawartih Susanti, Martawara, Selasa (14/3/2023).

Ia berharap agar aparat kepolisian segera mengungkap penyebab kematian anak ketiganya itu.

"Anak saya dokter yang ditugaskan melayani masyarakat di Nabire. Jadi polisi harus ungkap ini kasus, agar tidak ada lagi korban selanjutnya. Kalau kasus ini tidak diungkap, bisa-bisa tidak ada lagi dokter yang mau ke Nabire," tuturnya.


Untuk menyibak penyebab kematian dokter Mawar, polisi telah melakukan otopsi.

"Otopsi dilakukan di RS Bhayangkara Sulawesi Selatan dan ini sedang berproses, kita saat ini sedang menunggu dari hasil pemeriksaan jenazah. Ada beberapa bukti yang ditemukan di sekitaran TKP untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium forensik," jelas Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nabire AKBP I Ketut Suarnaya dalam keterangan tertulis, Senin.

Polisi juga sudah memeriksa 23 saksi. Selain itu, polisi juga telah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Sudah empat kali kita lakukan olah TKP sejak ditemukannya jenazah, mulai dari titik ditemukannya jenazah hingga radius 50 meter," terangnya.

Suarnaya menjelaskan, ada barang bukti yang bakal diperiksa di Laboratorium Forensik Mabes Polri. Di samping itu, polisi juga akan menelusuri jejak digital korban.

Sebagai informasi, dokter Mawar telah bertugas selama enam tahun di Nabire. Dia merupakan satu-satunya dokter spesialis paru di sana.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Makassar, Hendra Cipto; Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor: Dita Angga Rusiana, Pythag Kurniati), Antara

https://makassar.kompas.com/read/2023/03/14/191600578/kematian-dokter-paru-di-nabire-diduga-janggal-menkes--masalah-ini-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke