Salin Artikel

Dokter Mawar Ditemukan Meninggal Saat Tugas di Nabire, Ada Luka Lebam hingga Tulang Rusuk Patah

Jasad perempuan yang akrab dipanggil Dokter Mawar itu ditemukan di perumahan dokter tempatnya bertugas pada Kamis (9/3/2023) malam.

Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya menjelaskan, ada dugaan kematian korban disebabkan hal yang tidak wajar, sehingga polisi melakukan penyelidikan.

"Otopsi dilakukan di RS Bhayangkara Sulawesi Selatan dan ini sedang berproses, kita saat ini sedang menunggu dari hasil pemeriksaan jenazah. Ada beberapa bukti yang ditemukan di sekitaran TKP untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium forensik," ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (13/3/2023) malam.

Ia menyebut Dokter Mawar tinggal seorang diri di perumahan tersebut.

Terkait kematian Dokter Mawar, polisi telah empat kali melakukan olah TKP termasuk memeriksa 23 saksi.

"Sudah empat kali kita lakukan olah TKP sejak ditemukannya jenazah, mulai dari titik ditemukannya jenazah hingga radius 50 meter. Ada 23 saksi yang telah dimintai keterangan, sudah ada beberapa bukti petunjuk untuk kita teliti secara detail guna mengungkap suatu kasus tindak pidana," kata dia.

Suarnaya juga mengatakan akan menelusuri jejak digital korban.

"Akan juga ada kerja sama dengan ahli digital forensik terkait barang bukti yang telah diamankan oleh penyidik kita," kata dia.

Jenazah dokter Mawar telah diterbangkan ke Kota Makassar untuk dimakamkan pada Senin (13/3/2023).

Sang ayah tak sanggup mengantar ke pemakaman

Isak tangis Luter Toding Palamba pecah saat melepaskan kepergian jenazah putrinya, dr Mawartih Susanty, ke peristirahatan terakhir di Pekuburan Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Senin (13/3/2023) siang.

Ayah lima orang anak ini terlihat begitu terpukul atas peristiwa yang dialami putri ketiganya itu.

"Bapak tidak sanggup mengantarmu ke tempat peristirahatan terakhir, bapak hanya sanggup melepasmu di rumah ini," kata Luter terisak saat menyampaikan sepatah kata dengan pengeras suara di rumah duka Jl Mannuruki II, Lorong I, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Luter, begitu banyak kenangan yang tidak terlupakan dengan dokter Mawar di rumah duka itu.

"Di rumah ini kita berkumpul bersama-sama, kamu (Mawar) tumbuh besar dan menjadi dewasa dan mencapai cita-citamu," kenang Luter.

"Kamu sudah mewujudkan cita-cita mu sebagai dokter spesialis paru. Namun, sayang tidak panjang perjalananmu," lanjutnya.

Menurut Luter, apa yang dialami Mawar adalah kejahatan.

"Di ujung sana terjadi suatu musibah yang tidak diduga, yang menurut perasaan itu sangat jahat," sebutnya.

"Ada banyak lebam di dada anak saya"

Jenazah Dokter Mawar dibawa ke rumah duka di Jalan Mannuruki 2, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Keluarga dari dr Mawartih Susanti menyebut adanya kejanggalan terkait kematian dokter paru di Nabire itu.

Ibu dr Mawar, Martawara mengatakan ada banyak luka lebam di tubuh anaknya dan tulang rusuknya patah.

"Ada banyak luka lebam di dada anak saya. Tulang rusuknya dan pergelangan tangannya patah. Berdasarkan foto-foto dan bukti dari kedokteran yang diberikan kepada kami," katanya.

Martawara berharap, aparat kepolisian segera mengungkap penyebab kematian anaknya agar tidak ada lagi jatuh korban tim medis secara misterius.

"Anak saya dokter yang ditugaskan melayani masyarakat di Nabire. Jadi polisi harus ungkap ini kasus, agar tidak ada lagi korban selanjutnya. Kalau kasus ini tidak diungkap, bisa-bisa tidak ada lagi dokter yang mau ke Nabire," ujarnya.

Martawara membeberkan, anaknya saat terakhir pulang ke Makassar sempat berkeluh kesah rumah dinasnya dibobol maling.

"Anakku pernah cerita saat pulang ke Makassar baru-baru, katanya rumah dinasnya dibobol maling. Seluruh pakaian sudah berhamburan dan saya tidak tahu apa-apa yang hilang. Itu saja keluh kesahnya," bebernya.

Dokter Mawar adalah dokter spesiali paru satu-satunya di Kabupaten Nabire selama enam tahun terakhid.

Ia mengambil dokter spesialisnya di Universitas Airlangga selama empat tahun sebelum bertugas di Nabire.

Tahun ini seharusnya menjadi tahun terakhir dokter. Mawar bekerja di RSUD Nabire, untuk selanjutnya pindah ke tempat lain.

Namun, karena menjadi satu-satunya dokter spesialis paru di Kabupaten Nabire, maka dr Mawar harus menunggu juniornya tiba untuk menggantikan posisinya.

Dalam masa tunggu ini, dr. Mawar diketahui ditemukan meninggal dunia pada Kamis (9/3/2023) di rumah dinasnya

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Dhias Suwandi, Hendra Cipto | Editor : Pythag Kurniati, Dita Angga Rusiana), Tribunnews.com

https://makassar.kompas.com/read/2023/03/14/164600878/dokter-mawar-ditemukan-meninggal-saat-tugas-di-nabire-ada-luka-lebam-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke