Salin Artikel

Beredar Video Jalur Rel Kereta Api Sulsel Jadi Penyebab Banjir Kabupaten Barru, BPKA: Ini Akan Jadi Perhatian Kita

Video tersebut direkam oleh warga sekitar dengan memperlihatkan genangan banjir yang disebabkan jalur kereta api. Dalam video tersebut, warga meminta pihak terkait segera mengatasi masalah banjir yang disebabkan jalur rel kereta api.

Tampak dalam video air setinggi pinggang orang dewasa menggenangi permukiman warga dan jalanan yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng. Banjir melanda  jalur trans Sulawesi Selatan tepatnya di Takkalasi-Bulu Dua-Soppeng atau jalur Takkalasi-Rumpia-Soppeng. Jalan raya tersebut baru-baru ini telah diresmikan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Terlihat warga berusaha menerobos banjir. Pada keterangan video tertulis warga bukan menyeberangi sungai, tapi berusaha melewati jalanan yang kebanjiran.

Selain itu dalam video itu juga dijelaskan bahwa jembatan perlintasan rel kereta api dibuat agak cekung. Warga pun berharap masalah ini menjadi perhatian pemangku kebijakan.

Sementara di video lainnya, warga berdiri di atas rel kereta api sambil merekam. Dalam video ini, terlihat sebelah kiri digenangi banjir, sementara di sisi kanan tidak. Tampak jelas jalur rel kereta api menjadi pembatas daerah banjir dengan yang tidak. 

"Terima kasih perhatiannya dan masukannya. Ini akan menjadi perhatian kita, mencari solusi menghilangkan dampak sebuah pembangunan. Namun kita juga harus jeli melihat kondisi cuaca sebelum dan sesudah pembangunan terlaksana," katanya.

Hasbudi juga mengaku belum mengetahui pasti penyebab banjir di Kabupaten Barru.

"Kami juga belum tahu, apakah curah hujan atau ada drainase sekitar jalur yang tersumbat," ucapnya.

https://makassar.kompas.com/read/2023/02/14/121130178/beredar-video-jalur-rel-kereta-api-sulsel-jadi-penyebab-banjir-kabupaten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke